Berita Bangka Tengah

Pendaftaran Diperpanjang Hingga 10 Oktober, PKS dan PPP Usul Bacawabup

Dua partai yang tergabung dalam koalisi Beriman, yakni PKS dan PPP masing-masing mengusulkan satu nama bakal Cawabup Bangka Tengah, Jumat (30/9) sore.

Ist/Tim Koalisi PAW Wabup Bateng
SURAT REKOMENDASI - Perwakilan DPD PKS saat menyerahkan surat rekomendasi DPP kepada tim koalisi PAW Wabup Bateng, Jumat (30/9). 

KOBA, BABEL NEWS - Dua partai yang tergabung dalam koalisi Beriman, yakni PKS dan PPP masing-masing mengusulkan satu nama bakal Cawabup Bangka Tengah, Jumat (30/9) sore. PKS diketahui mengusulkan nama Firmansyah yang merupakan Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PKS Bateng.

Sedangkan PPP justru mengusung nama Era Susanto yang notabene adalah kader Partai Golkar dan saat ini menjabat sebagai Ketua Komisi III di DPRD Bangka Tengah. Padahal diketahui, Partai Golkar sendiri belum memutuskan hendak mengusulkan siapa, berikut dengan Partai Nasdem yang juga belum mempublish siapa cawabup yang akan mereka rekomendasikan.

Ketua Tim Koalisi PAW Wabup Bateng, Suwarno membenarkan memang benar PKS dan PPP mengusulkan masing-masing satu nama. "Iya tadi siang saat kami rapat koalisi, dari PKS mengusulkan nama Firmansyah dan di menit-menit akhir dari PPP juga mengusulkan nama Era Susanto," ucap Suwarno.

Sementara, masih ada dua partai lainnya yakni Golkar dan Nasdem yang tak kunjung menyetorkan nama calon. Padahal dari tata tertib yang telah disepakati bersama sebelumnya, diketahui bahwa hari ini adalah hari terakhir untuk menyetorkan bakal nama Cawabup Bateng. Oleh karena itu dilakukan rapat untuk membahas hal tersebut.

"Memang tadi agak alot perdebatannya (saat rapat-red) karena ada beberapa partai yang meminta untuk prosesnya diselesaikan hari ini. Tapi ada partai lain yang belum mendapatkan rekomendasi dari pusatnya," ujarnya.

Namun setelah melalui kesepakatan bersama, akhirnya diambil keputusan agar masa pengusulan bakal Cawabup Bateng untuk diperpanjang selama satu minggu. "Jadi hitungannya mulai tanggal 3 Oktober nanti sampai tanggal 10 Oktober, karena tanggal 1 dan 2 besok kan hari libur," jelasnya.

Ketika ditanyai apakah proses pemilihan PAW Wabup Bateng ini ada kesan dibuat lama, Suwarno membantah hal tersebut. Menurutnya, pertimbangan diberikannya toleransi perpanjangan waktu selama satu minggu tersebut dikarenakan Golkar dan Nasdem sudah mengusulkan surat rekomendasi kepada DPP-nya masing-masing.

"Kalau dari Golkar dan Nasdem katanya tinggal nunggu surat rekomendasinya keluar dari pusat, karena kata mereka sudah diusulkan. Jadi mereka memohon untuk diberikan perpanjangan waktu, karena ini juga demi keharmonisan koalisi 'Beriman'. Tapi kalau selama masa perpanjangan tersebut masih belum ada juga, maka tidak ada toleransi lagi," ujarnya.

Tak berlarut
Sekretaris DPD PKS Bateng, Ipan Rosadi mengungkapkan, pihaknya telah memantapkan diri untuk mengusung Firmansyah. "Sangat besar harapan kami agar proses Pengganti Antar Waktu (PAW) Wabup Bateng ini dapat berjalan dengan cepat, tepat, efektif dan tidak berlarut-larut," ucap Ipan, Minggu (2/10).

Pihaknya ingin percepat proses PAW ini dengan mendorong kader terbaiknya untuk menjadi pesaing dalam pemilihan Wakil Bupati Bangka Tengah. "Mudah-mudahan ini berjalan dengan baik. Apapun hasilnya PKS akan terima, PKS tidak akan melambat-lambatkan proses ini. Kami ingin ini berjalan sesuai dengan kesepakatan koalisi sebelumnya," jelasnya.

Dirinya berharap kepada partai koalisi yang belum menyerahkan rekomendasi dari DPP masing-masing agar segera menyerahkan nama bakal calon.

Dengan demikian, maka proses PAW Wabup ini bisa dilanjutkan ke proses selanjutnya yakni proses penetapan nama calon menjadi dua nama yang kemudian diserahkan kepada bupati dan kepada DPRD. (u2)

Bukan Pesaing
KETUA Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PKS Bateng, Firmansyah mengaku bahwa majunya ia sebagai bakal calon Wabup Bangka Tengah bukan hanya semata-mata membuat Muhammad Irham 'seolah-olah' mempunyai pesaing. "Tidak lah, kan sudah ada calon ketiga juga yang akan ikut menjalankan prosesnya (pemilihan PAW Wabup Bateng-red)," ujar Firmansyah, Minggu (2/10).
Dirinya siap menerima amanah dari pusat, apalagi saat ini dirinya merupakan kader PKS yang berasal dari Bangka Tengah itu sendiri. "Jadi apapun yang diamanahi oleh pusat, kita akan jalani prosesnya," jelasnya.
Menurutnya, jika memang ke depannya dia terpilih sebagai Wakil Bupati Bangka Tengah, tentu pihaknya akan siap mendampingi bupati. "Karena segala sesuatunya ada di beliau (Bupati-red), kita siap mendampingi dan menerima arahan untuk membangun Bangka Tengah agar lebih baik dan semakin unggul," ungkapnya. (u2)

NAMA BACAWABUP BATENG
- M Irham (Gerindra, PAN, PKB)
- Firmansyah (PKS)
- Era Susanto (PPP)
- Golkar dan Nasdem masih menunggu surat DPP
Sumber: Tim Koalisi PAW Wabup Bateng

Sumber: Bangka Pos
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved