Kejuaraan Pencak Silat Molen Cup, Tapak Suci Raih Juara Umum Kategori Senior

Perguruan pencak silat Tapak Suci merebut gelar juara umum kategori senior Kejuaraan Molen Cup di Gedung Olahraga (GOR) Indoor Depati Bahrin

Editor: suhendri
Bangka Pos/Rizky Irianda Pahlevy
BERFOTO BERSAMA - Wali Kota Pangkalpinang Maulan Aklil berfoto bersama para atlet pencak silat di GOR Depati Bahrin, Minggu (2/10/2022). 

PANGKALPINANG, BABEL NEWS - Perguruan pencak silat Tapak Suci merebut gelar juara umum kategori senior Kejuaraan Molen Cup di Gedung Olahraga (GOR) Indoor Depati Bahrin, Pangkalpinang, yang berakhir kemarin, setelah meraih 8 medali emas, 6 perak, dan 5 perunggu.

Juara umum kategori remaja diraih perguruan Satria Muda Indonesia dengan perolehan 12 emas, 6 perak, dan 19 perunggu.

Sementara itu, juara umum kategori usia dini direbut perguruan Surya Muda Mandiri dengan perolehan 4 emas, 1 perak, dan 5 perunggu.

Wali Kota Pangkalpinang Maulan Aklil atau yang akrab disapa Molen mengatakan, Molen Cup merupakan kejuaraan terbesar pencak silat di tingkat Kota Pangkalpinang.

Hal ini terlihat dari jumlah peserta yang mencapai 281 atlet dari 18 perguruan.

"Mudah-mudahan atlet kita menjadi seorang yang luar biasa, dari semangatnya saja sudah sangat luar biasa. Selamat yang juara, untuk yang kalah terus berlatih," kata Molen, Minggu (2/10/2022).

Ia juga berharap cabang olahraga pencak silat dapat membantu Pangkalpinang meraih medali emas di ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kepulauan Bangka Belitung tahun 2023 di Kabupaten Bangka Barat.

"Setelah ini tentunya bersama Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kota Pangkalpinang terus berlatih dan berlatih untuk hasil maksimal. Untuk Porprov 2023, kita minta untuk mendulang medali sebanyak-banyaknya," tutur Molen.

Sebelumnya diberitakan, Sebanyak 281 atlet pencak silat ambil bagian pada kejuaraan Molen Cup 2022 di Gedung Olahraga (GOR) Indoor Depati Bahrin, Pangkalpinang, mulai Kamis (29/9/2022).

Kejuaraan yang diselenggarakan Pemerintah Kota Pangkalpinang bekerja sama dengan Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (IPSI) setempat tersebut dijadwalkan berlangsung hingga 2 Oktober 2022.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kota Pangkalpinang Suryo Kusbandoro mengatakan, penyelenggaraan Molen Cup 2022 bertujuan untuk menjaring bibit- bibit pesilat berbakat dan berprestasi yang berpotensi mengharumkan nama Pangkalpinang pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VI Bangka Belitung di Kabupaten Bangka Barat pada 2023 mendatang.

"Ini untuk mempersiapkan atlet kita nantinya kurang lebih satu tahun untuk ikut lomba pada porprov VI di Bangka Barat," kata Suryo usai membuka membuka kejuaraan Molen Cup.

"Selamat bertanding dan nanti apabila yang terpilih untuk mewakili Kota Pangkalpinang ke porprov. Selamat berlatih sehingga apa pun nanti hasilnya kita bisa menjadi juara umum," ujarnya.

Suryo juga menjelaskan, pencak silat merupakan seni bela diri asli Indonesia yang telah diwariskan oleh leluhur dari generasi ke generasi.

Seni bela diri tradisional ini memiliki pamor yang begitu luas sehingga sudah semestinya dilestarikan.

"Jadi selain olahraga, kita juga melestarikan budaya Indonesia. Jadi bagi para peserta raihlah kemenangan dengan penuh kehormatan," tutur Suryo. (riz)

Sumber: Bangka Pos
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved