Pemutakhiran Data Pemilih, KPU Kota Pangkalpinang Jemput Bola

Dalam pemutakhiran data pemilih, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pangkalpinang masih mengalami beberapa kendala

Editor: suhendri
Bangka Pos
Anggota KPU Kota Pangkalpinang, Margarita. 

PANGKALPINANG, BABEL NEWS - Dalam pemutakhiran data pemilih, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pangkalpinang masih mengalami beberapa kendala, antara lain, permasalahan data warga meninggal dunia hingga mutasi.

Kendala lainnya, yakni masalah pemilih dari lembaga pemasyarakatan (lapas) yang tidak memiliki kartu tanda penduduk (KTP), penanganan data pemilih di daerah perbatasan, dan sosialisasi pindah memilih untuk masyarakat yang mobilitasnya tinggi, terutama pekerja yang bekerja di daerah pelabuhan.

"Jelas, hal tersebut menjadi pekerjaan rumah yang tidak ringan untuk KPU Pangkalpinang. Namun, optimistis selama komunikasi dan sinergi dibangun di awal insyaallah kita akan selesaikan," ujar Anggota KPU Kota Pangkalpinang Koordinator Divisi Data Pemilih, Margarita, Minggu (2/10/2022).

Selain itu, kata dia, KPU juga telah melakukan serangkaian inovasi, mulai dari jemput bola dengan mendatangi sumber data yang terdekat dengan masyarakat melalui pihak kecamatan dan kelurahan.

Sebab, saat ini mitra KPU, dalam hal ini Dinas Dukcapil Kota Pangkalpinang, tidak dapat memberikan akses yang lebih untuk mendukung kegiatan tersebut.

"Berbeda dengan kondisi ketika masuk dalam tahapan pemilu nanti, dukcapil akan menjadi mitra solid KPU karena dipayungi hukum yang jelas sesuai Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu Pasal 201. Tetapi, permasalahan data pemilih tidak cukup diselesaikan oleh dua lembaga ini saja, yakni KPU dan dukcapil, tentunya butuh sinergi banyak lembaga," kata Margarita. (u1)

Sumber: Bangka Pos
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved