Kabar Bangka

BPP Belinyu Tawarkan Ketem Remangok Tanjung Sunor

Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Belinyu yang menyediakan Ketem Remangok dengan harga Rp80 ribu per Kg.

Editor: Rusaidah
Bangka Pos/Edwardi
BPP Kecamatan Belinyu yang menyediakan Ketem Remangok. 

SUNGAILIAT, BABEL NEWS - Usai kegiatan rutin senam kesegaran jasmani di halaman Kantor Bupati Bangka, terlihat para pegawai laki-laki dan perempuan antusias menyerbu Pasar Tani yang disediakan Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Bangka, Jumat (4/11).

Berbagai kebutuhan dapur rumah tangga tampak tersedia, seperti aneka sayur-sayuran, aneka bumbu dapur, telur, ubi/singkong, minuman segar, juga ada Kepiting/KetemRemangok serta kebutuhan lainnya dengan harga terjangkau dan lebih murah daripada di pasar.

Satu di antara Stan Pasar Tani yang menyediakan lauk pauk yang cukup unik dan memiliki ciri khas, yakni Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Belinyu yang menyediakan Ketem Remangok dengan harga Rp80 ribu per Kg.

"Hari ini kita bawa stok Ketem Remangok sebanyak 7 kilo hasil tangkapan nelayan dari Tanjung Sunor perbatasan Desa Lumut dan Pangkalniur," kata Eko, Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Kecamatan Belinyu, Jumat (4/11) di sela melayani pembeli.

Dilanjutkannya, agar Ketem Remangok ini tidak mudah mati, sehingga dibawa menggunakan 3 kotak agar tidak terlalu padat.

"Saat ini memang stok Ketem Remangok agak susah didapat karena habitat asli ketem saat ini hutan bakau banyak rusak akibat aktivitas TI rajuk ilegal yang banyak beroperasi di daerah itu," ujar Eko.

Diakuinya para penambang TI rajuk ini kebanyakan dari masyarakat luar Pulau Bangka, sehingga mereka tidak ada rasa memiliki dan menjaga kelestarian lingkungan hutan bakau.

"Memang saat ini sudah ada upaya masyarakat setempat untuk menanam kembali hutan bakau ini, namun dibutuhkan waktu yang lama agar bisa menjadi hutan kembali," imbuhnya. (edw)

Sumber: Bangka Pos
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved