Berita Pangkalpinang

Pangkalpinang Mulai Buka Seleksi PPPK 2022, Pemkot Siapkan 118 Kuota Guru

Pendaftaran seleksi calon aparatur sipil negara alias CASN 2022 jalur PPPK di lingkungan Pemerintah Kota Pangkalpinang, resmi dibuka.

Bangka Pos/Cepi Marlianto
Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) Kota Pangkalpinang, Fahrizal. 

PANGKALPINANG, BABEL NEWS - Pendaftaran seleksi calon aparatur sipil negara alias CASN 2022 jalur Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di lingkungan Pemerintah Kota Pangkalpinang, resmi dibuka. Di mana seleksi PPPK dibuka untuk profesi guru melalui Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara atau SSCASN.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) Kota Pangkalpinang, Fahrizal mengatakan, dibukanya seleksi PPPK guru ini setelah pihaknya menerima surat dari Kementerian Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) pada 31 Oktober 2022. Hingga akhirnya pendaftaran CPPPK dibuka per 31 Oktober hingga 13 November 2022.

"Sudah dibuka seleksi PPPK sejak tanggal 31 Oktober 2022, setelah kita menerima surat dari Kemenpan-RB," kata Fahrizal, Kamis (3/11).

Fahrizal menjelaskan, Seleksi PPPK tahun 2022 formasi guru ini telah diumumkan di website https://bkpsdmd.pangkalpinangkota.go.id lewat pengumuman Nomor : 810/182/BKPSDMD/X/2022 tentang Penerimaan Pegawai CASN tahun 2022. Di mana seleksi kali ini hanya dibuka untuk tenaga fungsional guru.

Setidaknya Pemerintah Kota Pangkalpinang mendapatkan kuota sebanyak 130 orang. Rinciannya sebanyak 118 kuota untuk 80 formasi guru. Mulai dari guru agama Islam, guru bahasa Indonesia, guru bimbingan konseling, guru Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), guru Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), guru kelas, guru matematika, guru pendidikan jasmani dan guru seni budaya serta guru prakarya.

Sedangkan 12 kuota lainnya diperuntukan bagi PPPK tenaga kesehatan. Sampai saat ini jadwal seleksinya sendiri belum dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. "Saat ini baru seleksi PPPK guru, kalau untuk seleksi PPPK tenaga kesehatan belum ada jadwalnya. Kami masih menunggu jadwal dari kementerian terkait," jelas Fahrizal.

Diakuinya, ada beberapa tahapan seleksi PPPK formasi guru. Pelamar lebih dulu mengajukan lamaran secara daring melalui https://sscasn.bkn.go.id dengan terlebih dahulu membuat akun dan disertai dengan proses pengunggahan dokumen yang dipersyaratkan secara elektronik.

Semua dokumen wajib discan dengan format pdf dan dikirim oleh pelamar melalui unggahan secara online. Semua dokumen yang discan adalah dokumen asli bukan hasil fotokopi.

Dokumen yang dikirim secara online adalah berupa surat lamaran yang ditujukan kepada Wali Kota Pangkalpinang tahun 2022 diketik menggunakan komputer dan ditempel e-materai Rp.10.000 dan ditandatangani tinta hitam atau biru.

Ijazah dan transkrip nilai asli bukan dari hasil fotokopi yang dilegalisir. Kartu Tanda penduduk (KTP) asli atau surat keterangan sudah merekam dari dinas kependudukan dan pencatatan sipil bukan dari hasil fotokopi.

Surat pernyataan yang diketik menggunakan komputer ditempel e-materai Rp10.000 dan ditandatangani menggunakan tinta biru atau hitam. Khusus pelamar disabilitas, wajib melampirkan surat keterangan dokter yang menerangkan jenis atau tingkat disabilitas. "Verifikasi berkas yang diunggah berdasarkan syarat pendaftaran. Bagi pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi, dapat mencetak kartu peserta," jelasnya.

Menurut Fahrizal, dengan adanya rekrutmen sebanyak 118 guru diharapkan mampu memenuhi kebutuhan guru di sekolah. Saat ini sendiri untuk menutupi kekosongan itu masih menggunakan tenaga para guru honorer.

Belum lagi dengan rekrutmen 236 orang guru PPPK pada tahun 2021. Sehingga 188 kuota ini diharapkan mampu menjawab kebutuhan guru pada beberapa tahun ke depan dan kekosongan guru pensiun tetap harus diisi. "Tetapi ini sudah cukup lumayan, kalau tahun kemarin kita sudah merekrut 236 orang guru. Tahun ini 118 beberapa tahun ke depan masih cukup," kata Fahrizal. (u1)

Lulus Tanpa Tes
PULUHAN guru honorer di Kota Pangkalpinang, bakal langsung diangkat menjadi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) tanpa tes pada seleksi tahun 2022 ini. Setidaknya terdapat 48 guru yang bakal diangkat menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) pada seleksi CPPPK guru pada tahun 2022 ini.

Halaman
12
Sumber: Bangka Pos
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved