1.974 Siswa di Pangkalpinang Dapat Beasiswa Program Indonesia Pintar

Sebanyak 1.974 siswa SD dan SMP/sederajat baik negeri maupun swasta di Pangkalpinang mendapatkan beasiswa Program Indonesia Pintar

Editor: suhendri
Bangka Pos/Cepi Marlianto
PENYERAHAN BEASISWA - Wali Kota Pangkalpinang Maulan Aklil menyerahkan secara simbolis beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP) berupa buku tabungan kepada siswa SD di Fox Harris Hotel, Pangkalpinang, Senin (7/11/2022). 

PANGKALPINANG, BABEL NEWS - Sebanyak 1.974 siswa SD dan SMP/sederajat baik negeri maupun swasta di Pangkalpinang mendapatkan beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP). Total beasiswa yang digelontorkan sebesar Rp741 juta.

Penyerahan secara simbolis dilakukan oleh Wali Kota Pangkalpinang Maulan Aklil di Fox Harris Hotel, Pangkalpinang, Senin (7/11/2022).

"Alhamdulillah hari ini kita memberikan bantuan beasiswa PIP melalui aspirasi ketua DPR RI (Puan Maharani--red) dan anggota DPR RI (Rudianto Tjen--red)," kata Molen, sapaan akrabnya, usai penyerahan beasiswa.

Molen menyebut pihaknya memang tengah berupaya menggaet dana pusat, antara lain, untuk memberikan beasiswa kepada siswa kurang mampu di ibu kota Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Pasalnya, sumber pembiayaan dari APBD Kota Pangkalpinang terbatas dan tidak mencukupi untuk memberikan beasiswa kepada para pelajar kurang mampu yang jumlahnya mencapai sekitar 7.000 orang.

"Oleh karena itu, kita harus pintar-pintar mencari uang yang ada di luar sana masuk ke kota kita, salah satunya hari ini berkat bantuan dukungan dari kawan-kawan dinas pendidikan dan kebudayaan, Pak Asisten, guru-guru," ujar Molen.

"Semoga bantuan setelahnya akan datang ke Pangkalpinang. Kita berupaya bagaimana caranya mendapat bantuan apa pun dari pusat itu masuk ke daerahku Kota Pangkalpinang," tuturnya.

Pada Desember 2022, lanjut Molen, Pemerintah Kota Pangkalpinang juga akan memberikan beasiswa kepada sekitar 600 pelajar yang belum pernah mendapatkan bantuan, baik dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Pangkalpinang maupun Program Indonesia Pintar (PIP).

Program Presiden

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pangkalpinang Erwandy mengatakan, sebanyak 1.974 siswa penerima beasiswa tersebut terdiri atas 1.586 pelajar SD dan 388 pelajar SMP.

"Untuk jenjang SD sendiri mendapatkan beasiswa sebesar Rp450 ribu per siswa dan SMP sebesar Rp750 ribu per siswa yang diberikan untuk satu kali tahun anggaran. Dana tersebut langsung masuk ke rekening anak-anak didik kita. Jadi tidak melalui sekolah maupun dinas pendidikan, kami memfasilitasi untuk proses pencairannya," kata Erwandy.

Dia menuturkan, beasiswa PIP merupakan program Presiden Joko Widodo yang ingin memperluas akses pendidikan, khususnya bagi anak-anak dari keluarga kurang mampu agar bisa terus mengikuti proses pembelajaran hingga sekolah tingkat atas. Diharapkan, tidak ada lagi anak-anak yang putus sekolah karena ketiadaan biaya.

Erwandy menyebutkan, berdasarkan data terkini, jumlah penerima beasiswa PIP dan aplikasi Si Pintar di Pangkalpinang sebanyak 1.687 pelajar SMP/sederajat dan 2.837 pelajar SD/sederajat.

"Total penerima program manfaat PIP di Kota Pangkalpinang untuk tingkat SD berjumlah 4.423 siswa, sedangkan tingkat SMP berjumlah 2.015 siswa," ujarnya.

Lebih lanjut, Erwandy mengatakan, dana beasiswa tersebut harus digunakan untuk membeli buku dan alat tulis, pakaian seragam praktik dan perlengkapan sekolah, membiayai transportasi, uang saku, biaya kursus atau les tambahan, serta biaya praktik tambahan lainnya.

"Jadi tidak ada lagi anak usia sekolah di Kota Pangkalpinang yang tidak bisa sekolah yang menjadi domain kita dinas pendidikan Kota Pangkalpinang untuk tingkat SD maupun SMP," katanya. (u1)

Sumber: Bangka Pos
  • Berita Populer

    Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved