Berita Kabupaten Bangka

Penanganan Covid-19 di Kabupaten Bangka, Varian XBB Belum Terdeteksi

Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bangka memastikan belum terdeteksinya kasus Covid-19 varian baru XBB hingga saat ini di Kabupaten Bangka.

Istimewa
Boy Yandra, Juru Bicara Tim Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bangka. 

SUNGAILIAT, BABEL NEWS - Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bangka memastikan belum terdeteksinya kasus Covid-19 varian baru XBB hingga saat ini di Kabupaten Bangka. Hal ini disampaikan Juru Bicara Tim Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bangka, Boy Yandra, Minggu (13/11) sore.

"Namun kita tetap waspada dan berhati-hati terhadap penularan wabah Covid-19 ini dengan tetap menerapkan prokes dengan baik," harap Boy.

Ia menjelaskan, ada penambahan satu kasus baru Covid-19. Namun di hari yang sama, ada satu pasien yang juga sembuh. "Jadi jumlah kasus aktif Covid-19 saat ini di Kabupaten Bangka masih ada 31 orang," kata Boy.

Diakuinya, pasien positif Covid-19 hari ini, yakni S (64), laki-laki warga Kecamatan Sungailiat dirawat di rumah sakit. Sedangkan 1 pasien sembuh dari Desa Baturusa Kecamatan Merawang.

Menurutnya, 31 pasien aktif Covid-19 di Kabupaten Bangka ini tersebar di 6 kecamatan, di mana terbanyak di Sungailiat 10 orang, Pemali 10 orang, Merawang 4 orang, Belinyu 4 orang, Mendo Barat 2 orang dan Puding Besar 1 orang. "Jadi saat ini ada 2 kecamatan, yakni Kecamatan Bakam dan Riausilip di Kabupaten Bangka sudah 3 minggu tidak ada kasus Covid-19," ujar Boy.

Ia menambahkan, untuk jumlah tempat tidur bagi pasien Covid-19 yang disiapkan di rumah sakit yang ada di Kabupaten Bangka sebanyak 153 bed (tempat tidur). "Saat ini 14 pasien positif Covid-19 dirawat di rumah sakit yang ada di Kabupaten Bangka dan 17 orang isoman," kata Boy.

Diakuinya, untuk kegiatan vaksinasi dosis 1 untuk masyarakat umum sudah 82,26 persen, dosis 2 sudah 70,02 persen, booster 31,25 persen dan booster 2 untuk nakes 39,97 persen. Sedangkan vaksinasi lansia dosis 1 mencapai 80,90 persen, dosis 2 sudah 69,11 persen dan booster 23,61 persen. "Untuk tempat pelayanan vaksinasi Covid-19 di gerai-gerai yang disediakan, seperti puskesmas-puskesmas, Gedung Sepintu Sedulang, BKPM Sungailiat dan lainnya," jelasnya.

Sedangkan, pelayanan vaksinasi Covid-19 pada malam hari dilakukan usai Salat Isya di BKPM Sungailiat pada hari Jumat dan Sabtu dilakukan Polres Bangka dan Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka. "Semua layanan tingkat vaksin dosis 1, dosis 2 dan booster siap dilayani bagi masyarakat yang belum melaksanakannya, kita persilakan untuk datang, " ujar Boy.

Pihaknya turut mengimbau agar masyarakat selalu waspada dan menerapkan protokol kesehatan jika hendak beraktivitas di luar rumah, karena wabah pandemi Covid-19 hingga saat ini masih ada. "Bila anda merasa sakit demam segera berobat ke pelayanan kesehatan guna mengantisipasi apakah anda ada kemungkinan terpapar virus Covid-19 atau penyakit lainnya, semoga Kabupaten Bangka cepat kembali ke zona aman atau zona hijau," pungkasnya. (edw)

UPDATE COVID-19
Positif: 12.231 kasus
Sembuh: 11.791 orang
Perawatan: 31 orang
Meninggal dunia: 409 orang
Sumber: Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bangka

Sumber: Bangka Pos
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved