Kabar Pangkalpinang

Ritel Modern Pajang Produk UMKM

Produk usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) lokal rupanya cukup diminati di sejumlah ritel modern di Pangkalpinang.

Editor: Rusaidah
Bangka Pos/Andini Dwi Hasanah
Produk UMKM lokal Bangka Belitung yang mejeng di Transmart Pangkalpinang. 

PANGKALPINANG, BABEL NEWS - Produk usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) lokal rupanya cukup diminati di sejumlah ritel modern di Pangkalpinang.

Meskipun tempat atau space produk lokal ini tidak begitu luas seperti produk-produk nasional lainnya, namun produk yang didominasi makanan ini cukup dilirik banyak konsumen.

Seperti di Transmart Pangkalpinang misalnya, produk lokal seperti kericu, kempelang, getas dan aneka olahan makanan lainnya ini ikutan mejeng berdampingan dengan produk makanan lainnya.

FMCG (Fast Moving Consumer Goods) Personal Care, Cosmetic Transmart Pangkalpinang Randy menyebut, memang ada beberapa persyaratan untuk para UMKM yang ingin memasarkan produknya di Transmart Pangkalpinang.

"Seperti mengajukan berkas-berkas sesuai prosedur toko yang dibutuhkan seperti KTP, NPWP, SIUP dan lain-lain. Kalau persyaratan memenuhi boleh ikutan mejeng di display kami," ujar Randy kepada Bangka Pos Group, Jumat (11/11).

Diakuinya, penjualan produk UMKM lokal di Transmart Pangkalpinang cukup lumayan.

"Kalau di Transmart namanya pojok rakyat, nah itu produk lokal semuanya mulai dari makanan, minuman, kerajinan tangan seperti anyaman, baju dan tas. Kalau peminatnya bisa kita bilang lumayan baik," tuturnya.

Dia menambahkan, untuk sistem penjualan produk lokal menggunakan sistem konsinyasi.

Senada dengan ritel modern seperti Indomaret dan Alfamart juga selalu menyediakan tempat khusus untuk produk-produk lokal.
Meskipun tak besar, namun tempat untuk produk lokal ini selalu disediakan, setiap kali barang habis langsung terisi kembali.

Seperti Indomaret di Jalan KH Abdul Hamid Kota Pangkalpinang ini, produk lokal seperti kericu cuma ikutan mejeng berdampingan dengan berbagai aneka snack lainnya.

"Kalau kami biasanya langsung datang barengan produk lainnya, dan memang sudah ada tempat khusus di depan untuk produk lokal. Kalau yang beli lumayan karena harganya juga terbilang masih ramah," ujar Mirzan, Pramuniaga Indomaret.

Di era modern saat ini, kolaborasi menjadi kunci penting dalam meningkatkan kualitas dan daya saing produk UMKM.
Oleh karena itu, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mendorong supaya para pelaku UMKM menjalin kolaborasi dengan lokapasar dan ritel-ritel modern. Tujuannya, agar semakin banyak UMKM yang go digital dan produk yang dapat menembus ritel modern.

Hal ini sejalan dengan arahan Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan yang ingin UMKM naik kelas dan semakin banyak produk UMKM menembus ritel modern.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tarmin menyebut, saat ini memang sudah banyak produk UMKM lokal Bangka Belitung ikutan mejeng di sejumlah ritel, baik itu produk makanan, minuman, kerajinan dan lainnya.

Halaman
12
Sumber: Bangka Pos
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved