Berita Bangka Selatan

33 Desa di Bangka Selatan Sudah Terima Bantuan Bibit Sawit

Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan (DPPP) Bangka Selatan mencatat, sudah ada 33 desa yang menerima bantuan bibit sawit selama dua tahun terakhir.

Bangka Pos/Yuranda
Petani sawit sedang memanen buah sawit di Perkebunan Sawit Desa Semulut Bangka Barat. 

TOBOALI, BABEL NEWS - Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan (DPPP) Bangka Selatan mencatat, sudah ada 33 desa yang menerima bantuan bibit sawit selama dua tahun terakhir. Penyaluran bibit sawit tersebut merupakan salah satu program Bupati Basel, Riza Herdavid bersama Wabup Debby Vita Dewi.

Kabid Perkebunan DPPP Basel, Yusrin mengakui, bibit sawit ini disalurkan langsung ke pihak desa, dengan anggaran Rp1,5 miliar setiap tahunnya. "Alhamdulillah, sudah berjalan dua tahun ini kita salurkan bibit sawit, pada tahun 2021 ada 15 desa sebanyak 15.776 batang dan 2022 ini 18 desa sebanyak 15.383 batang yang menerima bantuan bibit sawit pemerintah daerah," ungkap Yusrin, Rabu (23/11).

Menurutnya, bantuan dari pemerintah daerah bukan hanya bibit sawit saja. Namun penyaluran pupuk hingga vitamin bagi bibit sawit. "Ya ada juga pupuk dan vitamin yang kita salurkan kepada desa, seperti pupuk organik, phospat, kapur pertanian, dan NPK setiap tahun puluhan ribu kilogram kita bagikan," jelasnya.

Ia memastikan, program ini tetap dilanjutkan hingga 2023. "Harapan kami semua desa dapat bantuan bibit sawit, ini kan program Pak Bupati kita. Jadi jangan sampai pihak desa tidak dapat bantuan, terkecuali yang memang tidak ada lahan," ujarnya.

Ia meminta, pihak desa dapat memanfaatkan bantuan bibit sawit ini sesuai dengan kebutuhan dan manfaat kepada masyarakat. "Ya semoga nanti bantuan bibit sawit ini berkembang dengan baik sesuai rencana, apalagi ini kan memberikan dampak bagi desa maupun masyarakat. Jangan sampai disalahgunakan, sudah diberikan bantuan tapi tidak digunakan dengan baik dan disia-siakan jadi percuma," harap Yusrin. (v1)

Sumber: Bangka Pos
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved