Berita Pangkalpinang

UBB Kantongi Rekom Kemenkes, Dua Tahap Lagi, Prodi Kedokteran Bakal Berdiri

Universitas Bangka Belitung (UBB) terus mematangkan persiapan untuk mendirikan program studi pendidikan kedokteran profesi dokter.

DOK BANGKA POS
Rektor UBB Dr Ibrahim. 

PANGKALPINANG, BABEL NEWS - Universitas Bangka Belitung (UBB) terus mematangkan persiapan untuk mendirikan program studi pendidikan kedokteran profesi dokter. Hal ini diungkapkan oleh Rektor Universitas Bangka Belitung (UBB), Ibrahim, Kamis (24/11).

"Memang prosesnya cukup panjang dan kesiapannya secara bertahap terus dioptimalkan," kata Ibrahim.

Diakuinya, saat ini UBB telah menerima rekomendasi dari Kementerian Kesehatan dan Penugasan dari Dikti. "Insya Allah hari ini kita akan diasesmen oleh Konsil Kedokteran Indonesia (KKI) dan jika dianggap layak tentu kita akan menerima rekomendasi," jelasnya.

Menurutnya, setelah tahapan KKI ini dilewati, selanjutnya adalah penerbitan izin operasional oleh Dikti. "Tentu dua tahapan terakhir ini kita harapkan dapat berjalan dengan baik," katanya.

Dirinya menekankan sejauh ini skenario UBB adalah skenario moderat. "Yakni kita berupaya agar tahun 2023 dapat mulai menerima mahasiswa baru. Namun sekali lagi ini tergantung dari dua tahapan terakhir ini," ungkapnya.

Ibrahim berharap, UBB mendapat perhatian khusus dari Dikti dalam pendirian program studi kedokteran ini. "Memang saat ini masih moratorium untuk pembukaan Prodi Kedokteran, namun UBB berharap Dikti memberikan diskresi khusus untuk UBB, secara kebetulan sudah ada surat penugasannya secara khusus," katanya.

Dari sisi sumber daya alam (SDM) atau tenaga pengajar, UBB tetap memberdayakan SDM lokal. "UBB sendiri sudah memiliki 3 calon dosen biomedik, kekurangan beberapa orang dari yang dipersyaratkan akan dibantu sementara oleh PT Pembina, yakni Unsri. Sembari itu, kita akan segera menyekolahkan Calon Dosen berlatar belakang Dokter untuk mengambil S2 Biomedik dengan dukungan dari Pemprov Babel," jelasnya.

Pemprov Babel mendukung berdirinya program studi kedokteran di UBB. Penjabat (Pj) Gubernur Bangka Belitung (Babel) Ridwan Djamaluddin menyakini Babel sudah layak memiliki prodi kedokteran.

"Fakultas kedokteran sudah kita dukung habis. Akan datang konsil dari Kementerian Kesehatan dan IDI yang saya tahu untuk menilai terakhir," ujar Ridwan.

Menurutnya, pemerintah provinsi siap mendukung segala hal yang diperlukan untuk berdirinya prodi kedokteran di Babel. "Kami akan menyampai kepada para pakar tersebut bahwa pemerintah provinsi beserta DPRD mendukung penuh. Sudah layak (didirikan prodi tersebut di Babel-red)," katanya.

Dukungan berdirinya prodi kedokteran juga disampaikan oleh Ketua DPRD Babel, Herman Suhadi. "Alhamdulilah, kita minta dukungan, Insya Allah UBB itu tahun depan bila disetujui akan ada fakultas kedokteran," jelas Herman.

Ia berharap, tahapan-tahapan untuk terbentuknya program studi kedokteran ini segera rampung. "Saya, Pj gubernur dan Forkopimda sangat mendukung, bahkan dalam bentuk dukungan nyata, kami menganggarkan bantuan hibah yang diminta untuk menyekolahkan para dokter yang akan jadi dosen," katanya. (s2)

Sumber: Bangka Pos
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved