Pemkot Pangkalpinang Ingatkan Pelamar PPPK Waspada Calo

Apabila ada pihak-pihak yang menjanjikan kelulusan, hal tersebut merupakan tindakan penipuan terhadap peserta

Editor: suhendri
Bangka Pos/Cepi Marlianto
Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) Kota Pangkalpinang, Fahrizal. 

PANGKALPINANG, BABEL NEWS - Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) Kota Pangkalpinang, Fahrizal, mengingatkan pelamar pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) guru maupun tenaga kesehatan (nakes) di lingkungan Pemerintah Kota Pangkalpinang agar jangan percaya pada calo yang menjanjikan kelulusan seleksi penerimaan PPPK.

Fahrizal menyebutkan, seleksi penerimaan PPPK guru dan nakes akan dilakukan sesuai dengan aturan.

Kelulusan peserta seleksi adalah prestasi peserta sendiri. Apabila ada pihak-pihak yang menjanjikan kelulusan, hal tersebut merupakan tindakan penipuan terhadap peserta.

"Pihak keluarga juga dilarang memberikan sesuatu dalam bentuk apa pun yang dilarang menurut ketentuan hukum yang berlaku. Apabila hal itu dilakukan akan kami tindak sesuai peraturan yang berlaku," kata Fahrizal, Rabu (30/11/2022).

"Jangan sampai ada tindakan-tindakan kecurangan saat pelaksanaan seleksi, terutama yang merugikan peserta lainnya. Sebab, seluruh peserta diberikan perlakuan yang sama," ujarnya.

Ia menyebut proses seleksi dilaksanakan berdasarkan prinsip terbuka, kompetitif, transparan, adil, objektif, serta bersih dari praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme.

Seluruh tahapan seleksi mulai dari pendaftaran, pelaksanaan seleksi dengan computer assisted test (CAT), hingga penentuan kelulusan, telah terintegrasi dan terkomputerisasi.

"Jadi dipastikan semua proses seleksi nantinya transparan. Penerapan CAT dalam proses rekrutmen PPPK dapat menutup adanya potensi kecurangan dan praktik calo," tutur Fahrizal.

Lebih lanjut, dia memastikan, peserta seleksi PPPK guru dan nakes tidak dipungut biaya. Sebab, pemerintah telah menyiapkan anggaran untuk seleksi tersebut.

Sekadar diketahui, sebanyak 212 pelamar PPPK guru dan nakes di lingkungan Pemerintah Kota Pangkalpinang tahun 2022 dinyatakan lulus seleksi administrasi. Jumlah itu terdiri atas 106 pelamar PPPK guru dan 106 pelamar PPPK nakes.

Tahun ini, Pemerintah Kota Pangkalpinang menyediakan 130 kuota PPPK. Rinciannya, 118 kuota untuk PPPK guru dengan 80 formasi dan 12 kuota untuk PPPK nakes dengan tiga formasi. (u1)

Sumber: Bangka Pos
  • Berita Populer

    Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved