Berita Kabupaten Bangka

Perkembangan Penanganan Covid-19 di Kabupaten Bangka, Dua Kecamatan Zona Hijau

Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bangka menyatakan ada dua kecamatan di wilayahnya yang sudah masuk zona hijau atau nihil kasus Covid-19.

Tribunnews/Herudin
Ilustrasi vaksin Covid-19. 

SUNGAILIAT, BABEL NEWS - Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bangka menyatakan ada dua kecamatan di wilayahnya yang sudah masuk zona hijau atau nihil kasus Covid-19. Keduanya yaitu Kecamatan Bakam dan Kecamatan Puding Besar.

"Jadi saat ini ada dua kecamatan, yakni Kecamatan Bakam dan Kecamatan Puding Besar yang nol kasus ," ujar Juru Bicara Tim Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bangka, Boy Yandra, Minggu (4/12) sore.

Menurutnya, saat ini ada 29 kasus aktif Covid-19 di Kabupaten Bangka. Jumlah ini tersebar di enam kecamatan, di mana terbanyak di Sungailiat 17 orang, Mendo Barat 3 orang, Pemali 4 orang, Merawang 1 orang, Belinyu 3 orang dan Riausilip 1 orang.

Ia mengakui jumlah ini bertambah tiga pasien di hari yang sama. Sedangkan tidak ada pasien yang sembuh ataupun meninggal dunia. "Jadi jumlah kasus aktif Covid-19 saat ini di Kabupaten Bangka masih ada 29 orang," katanya.

Diungkapkannya, pasien positif Covid-19 hari ini, yakni YS (41) perempuan warga Kecamatan Belinyu, B (53) laki-laki warga Kecamatan Sungailiat dirawat di rumah sakit dan A (82) laki-laki warga Desa Pugul Kecamatan Riausilip dirawat di rumah sakit.

Diakuinya, untuk jumlah tempat tidur bagi pasien Covid-19 yang disiapkan di rumah sakit yang ada di Kabupaten Bangka sebanyak 153 bed (tempat tidur). "Saat ini 16 pasien positif Covid-19 dirawat di rumah sakit yang ada di Kabupaten Bangka dan 13 orang isoman," kata Boy Yandra.

Dilanjutkannya, untuk kegiatan vaksinasi dosis 1 untuk masyarakat umum sudah 82,29 persen, dosis 2 sudah 71,07 persen, booster 31,66 persen dan booster 2 untuk nakes 50,77 persen. Sedangkan, vaksinasi lansia dosis 1 mencapai 80,58 persen, dosis 2 sudah 69,75 persen dan booster 23,91 persen dan booster 2 lansia baru 115 orang.

"Saat ini sudah ada aturan untuk lansia umur di atas 60 tahun yang sudah menjalani booster pertama bisa mengikuti vaksin booster kedua asalkan jaraknya sudah 6 bulan dari yang pertama," jelasnya.

Untuk tempat pelayanan vaksinasi Covid-19 di gerai-gerai yang disediakan, seperti puskesmas-puskesmas, Gedung Sepintu Sedulang, BKPM Sungailiat dan lainnya. Sedangkan pelayanan vaksinasi Covid-19 pada malam hari dilakukan usai Salat Isya di BKPM Sungailiat pada hari Jumat dan Sabtu dilakukan Polres Bangka dan Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka.

"Semua layanan tingkat vaksin dosis 1, dosis 2 dan booster siap dilayani bagi masyarakat yang belum melaksanakannya, kita persilakan untuk datang, " ujar Boy Yandra.

Pihaknya mengimbau, agar masyarakat selalu waspada dan menerapkan protokol kesehatan jika hendak beraktivitas di luar rumah, karena wabah pandemi Covid-19 hingga saat ini masih ada. "Bila anda merasa sakit demam segera berobat ke pelayanan kesehatan guna mengantisipasi apakah anda ada kemungkinan terpapar virus Covid-19 atau penyakit lainnya, semoga Kabupaten Bangka cepat kembali ke zona aman atau zona hijau," pungkasnya. (edw)

UPDATE COVID-19
Positif: 12.275 kasus
Sembuh: 11.835 orang
Perawatan: 29 orang
Meninggal dunia: 411 orang
Sumber: Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bangka

Sumber: Bangka Pos
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved