Kabar Pangkalpinang

Bank Indonesia Catat 117 Ribu Merchant Qris di Bangka Belitung

Bank Indonesia menargetkan pengguna quick response code Indonesian standard (Qris) tembus 45 juta pada 2023.

Editor: Rusaidah
Bangka Pos/Sela Agustika
Budi Widihartanto, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. 

PANGKALPINANG, BABEL NEWS - Bank Indonesia menargetkan pengguna quick response code Indonesian standard (Qris) tembus 45 juta pada 2023 atau bertambah 15 juta pengguna dari tahun 2022.

Pengoptimalan peran digitalisasi ini terus didorong dengan melakukan berbagai upaya kolaborasi dan sinergi antar pemerintah daerah dan instansi terkait.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Budi Widihartanto mencatat saat ini ada 117 merchant Qris dengan total transaksi per bulan mencapai Rp25 milar.

"Pengguna Qris di Bangka Belitung kita ketahui sebelumnya tercatat hanya ada 71 ribu pengguna dan sekarang sudah tembus 150 ribu pengguna. Hal ini juga dilihat dari transaksi Qris bertambah atau mencapai Rp25 miliar per bulan," ungkap Budi.

Dia menuturkan, peran serta kaum milenial menjadi target utama yang terus digencarkan BI guna meningkatkan penggunaan Qris di kalangan masyarakat.

Kata Budi, saat ini BI turut berkolaborasi dengan pemerintah daerah dalam meningkatkan upaya digitalisasi, sosialisasi dan perlindungan konsumen.

Dalam mengimplementasikan digitalisasi, Budi menyebut, BI turut fokus memperkuat sinyal atau area blankspot yang menjadi syarat utama dalam infrasturktur digitalisasi.

"Penggunaan digitalisasi saat ini memang milenial target utama, namun untuk orang tua atau generasi x kita juga turut bekerja sama dengan perbankan dan pemerintah daerah untuk bisa mengedukasi ke masyarkat," ujarnya.

Dia berharap, perusahaan atau jasa sistem pembayaran dapat menerapkan Qris sehingga merchant Qris tersebar luas.

"Untuk Qris sendiri saat ini kita mulai gencarkan seperti kita juga mulai menyasar pasar-pasar hingga toko kelontong dan semoga ini bisa terus meningkat, khususnya juga di kabupaten-kabupaten dengan memperkuat ekosistem Qris di maysrakat melalui sosialisasi," kata Budi.

Ia berharap kedepan semakin banyak masyarakat menggunakan Qris dari berbagai level umur.

"Kolaborasi dan interaksi yang baik bisa mendorong pencapaian Qris yang kita harapkan. Tentunya peran serta pemerintah dan juga perbankan melalui produk dan jasa yang ditawarkan dapat secara konsisten memberikan edukasi ke masyarakat," tambahnya. (t3)

 

Sumber: Bangka Pos
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved