Kabar Bangka

Kuota Haji Bangka Diperkirakan Dapat 270 Calhaj

Kementerian Agama Kabupaten Bangka hingga saat ini belum mendapatkan jatah berapa jumlah kuota resmi calon jemaah haji (calhaj) Kabupaten Bangka.

Editor: Rusaidah
Bangka Pos/Edwardi
Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Bangka, Suparhun. 

SUNGAILIAT, BABEL NEWS - Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bangka hingga saat ini belum mendapatkan jatah berapa jumlah kuota resmi calon jemaah haji (calhaj) Kabupaten Bangka pada tahun 2023 ini.

Karena pemerintah pusat hingga saat ini juga belum mengumumkan berapa jumlah kuota jemaah haji untuk Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan kabupaten/kota.

"Pemerintah Arab Saudi beberapa waktu lalu sudah menetapkan kuota jumlah jemaah haji untuk Indonesia sebanyak 221 ribu, ini merupakan jumlah kuota normal dan tanpa ada batasan umur calon jemaah haji," kata Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Bangka Suparhun kepada Bangka Pos Group, Jumat (20/1).

Ditambahkannya, pemerintah pusat saat ini sedang menyusun jumlah kuota haji untuk setiap provinsi di Indonesia sesuai dengan Siskohat.

"Sebagai estimasi bila kuota haji normal, maka Kabupaten Bangka berjumlah sekitar 270 orang, sebagaimana kemarin kita sudah melakukan bimbingan manasik haji sepanjang tahun telah mengundang sebanyak 270 orang calon jemaah haji Kabupaten Bangka," ujarnya.

Diungkapkannya, untuk tahun 2022 lalu, kuota calon jamaah haji Indonesia dari Pemerintah Arab Saudi sebanyak 100.500 orang dan ada pembatasan umur dimana calon jemaah haji pada masa pandemi Covid-19, yakni umur di bawah 65 tahun.

"Untuk Kabupaten Bangka seharusnya kalau kuota normal mendapatkan kuota sebanyak 273 orang, namun karena kuota belum normal akibat masih ada wabah pandemi Covid-19 sehingga hanya bisa memberangkatkan sebanyak 115 orang jemaah haji," ujar Suparhun.

Ditambahkannya, pada bulan Desember 2022 lalu para calon jemaah haji estimasi keberangkatan tahun 2023 ini sebanyak 270 orang sudah dipanggil untuk dilakukan sosialisasi, terutama menyangkut berbagai informasi tidak benar yang beredar di kalangan calon jemaah haji.

"Di kalangan calon jemaah haji ini masih beredar informasi kalau yang berumur 65 tahun ke atas belum boleh berangkat dan lainnya, jadi kita berikan informasi yang benar itu bagaimana supaya calon jemaah haji bisa lebih semangat lagi untuk berangkat ibadah haji," imbuhnya.

Sedangkan untuk kesehatan besaran biaya perjalanan ibadah haji untuk tahun 2023 hingga saat ini belum ada pengumuman resmi dari pemerintah, karena masih menunggu pengajuan dan persetujuan dari anggota DPR RI.

"Untuk besar biaya ibadah haji hingga saat ini belum ada ketetapan resminya, masih menunggu pengumuman pemerintah pusat," ujarnya. (edw)

Sumber: Bangka Pos
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved