Berita Bangka Barat

Pemkab Bangka Barat Pantau ASN Lewat Absensi Online

Pemkab Babar bakal memberikan sanksi berupa teguran tertulis terhadap Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bolos usai cuti tahun baru Imlek 2547/2023.

Bangkapos.com/Yuranda
Kepala BKPSDMD Kabupaten Bangka Barat, Antoni Pasaribu 

MUNTOK, BABEL NEWS - Pemerintah Kabupaten Bangka Barat bakal memberikan sanksi berupa teguran tertulis terhadap Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bolos usai cuti tahun baru Imlek 2547/2023. Peneguran itu bakal dilaksanakan kepala organisasi perangkat daerah (OPD) terhadap pegawainya yang tidak hadir saat jam kerjanya. Bahkan pemerintah juga sudah menerapkan absensi online untuk mengawasi hal tersebut.

Kepala Badan Kepegawaian, Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) Babar, Antoni Pasaribu mengakui, jika sudah selesai cuti Imlek atau cuti bersama, maka ASN wajib masuk bekerja. "Kalaupun ketahuan bolos, maka kepala OPD akan memanggil ASN tersebut. Karena saat ini Pemkab Bangka Barat juga sudah menetapkan absensi online kepada ASN di lingkungan Pemkab Babar," kata Antoni, Senin (23/1).

Dengan adanya sistem absensi kehadiran ASN, kepala OPD bisa mendeteksi apakah benar pegawai mereka masuk bekerja. Kalaupun tidak hadir mereka akan dipanggil oleh Kepala OPD masing-masing.

"Karena kepala OPD itu harus bertanggung jawab terhadap kehadiran pegawainya. Kalau BKPSDMD itu mengawasi pegawai di libur hari raya misalnya Idulfitri. Saat itu kami akan silaturahmi bersama mengecek pegawai ASN yang tidak masuk," ungkapnya.

Ditambahkannya, kalau setelah lebaran Idulfitri misalnya ASN ini tidak dapat hadir maka akan diberikan surat teguran. "Sanksi yang diberikan kepegawai berdasarkan Peraturan Presiden (PP) Nomor 94 yang mengatur tentang ketidak hadiran. Sanksinya bisa berupa teguran," ujarnya. (ynr)

Sumber: Bangka Pos
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved