Banjir Rob Intai Bangka Belitung hingga 28 Januari 2023

Tinggi gelombang di perairan Selat Bangka dan Selat Gelasa berpotensi mencapai maksimum 1,5-2 meter (kategori sedang)

Editor: suhendri
Bangka Pos/Rizky Irianda Pahlevy
BANJIR ROB BERANGSUR SURUT - Banjir rob yang menggenangi kawasan RT 5/RW 3, Kelurahan Pasar Padi, Kecamatan Girimaya, Pangkalpinang, berangsur surut, Senin (23/1/2023). Banjir rob sudah menggenangi sejumlah rumah warga setempat sejak sekitar pukul 08.00 WIB. 

PANGKALPINANG, BABEL NEWS - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan potensi banjir rob di wilayah Bangka Belitung, khususnya Kabupaten Bangka, Bangka Barat, Belitung Timur, dan Kota Pangkalpinang, masih cukup tinggi hingga 28 Januari 2023.

"Puncak penghujan masih akan berlangsung hingga pertengahan Februari, hingga periode tersebut potensi hujan sedang-lebat masih cukup tinggi. Namun, untuk potensi banjir rob tidaklah sebesar periode 20-28 Januari karena setelah tanggal 28 Januari, periode waktu terjadinya pasang maksimum diprakirakan akan bergeser," ujar Koordinator Bidang Data dan Informasi Stasiun Meteorologi Kelas I Depati Amir Pangkalpinang, Kurniaji, Selasa (24/1/2023).

Adapun tinggi gelombang laut, kata Kurniaji, diprediksi bakal terjadi kenaikan yang cukup signifikan pada dua hari ke depan. Tinggi gelombang di perairan Selat Bangka dan Selat Gelasa berpotensi mencapai maksimum 1,5-2 meter (kategori sedang), perairan utara Bangka dan Selat Karimata 2-2,5 meter (kategori sedang), dan perairan Selatan Bangka 2,5-3 meter (kategori tinggi).

Kurniaji menyebutkan, gelombang laut tidak terlalu berpengaruh pada banjir rob. Fenomena pasang surut air lautlah yang berpengaruh lebih besar pada banjir rob.

"Hingga akhir Januari hujan ringan-sedang diprakirakan masih akan terus berlangsung pada periode dini hingga pagi hari, dilanjutkan siang hingga sore hari. Senada dengan hujan, berdasarkan data dari Boost Center DKP Provinsi Babel, kenaikan pasang pesisir yang cukup krusial juga diprakirakan terjadi pada periode yang hampir sama yaitu pada periode pukul 04.00 sampai dengan 09.00 WIB," tutur Kurniaji.

Hal tersebut, lanjut dia, membuat BMKG bekerja sama dengan stakeholder kebencanaan mengumumkan bahwa potensi banjir rob masih cukup tinggi di wilayah Babel, khususnya Kabupaten Bangka Barat, Kabupaten Bangka, Kota Pangkalpinang, dan Kabupaten Belitung Timur hingga akhir Januari 2023. (t2)

Sumber: Bangka Pos

Ikuti kami di

AA
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved