Berita Bangka Selatan

Program Berobat Gratis, Pemkab Bangka Selatan Siapkan Rp30 M

Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan menganggarkan Rp30 miliar untuk program berobat gratis di tahun 2023 kepada masyarakat.

Bangka Pos/Cepi Marlianto
Kepala Dinas Pendidikan Kota Pangkalpinang, Eddy Supriadi. 

TOBOALI, BABEL NEWS - Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan menganggarkan Rp30 miliar untuk program berobat gratis di tahun 2023 kepada masyarakat. Penganggaran tersebut dikhususkan bagi masyarakat yang belum memiliki kartu BPJS dan bisa menggunakan KTP dalam berobat ke pukesmas hingga rumah sakit.

Sekretaris Daerah Basel, Eddy Supriadi membenarkan, jika pihaknya sudah menganggarkan anggaran untuk pengobatan gratis di tahun 2023. "Sudah kita anggarkan di tahun ini khususnya program berobat gratis, yang merupakan janji politik Riza-Debby ketika kampanye kemarin. Dengan kita anggarkan setiap tahun seperti ini, masyarakat bisa berobat gratis terutama menggunakan KTP khususnya di masyarakat Kabupaten Basel," kata Eddy, Rabu (25/1).

Menurutnya, program berobat gratis ini bisa dimanfaatkan seluruh masyarakat. "Siapapun bisa memanfaatkan program berobat gratis ini, karena kita sudah sosialisasikan ke masyarakat. Kalau berobat saat ini di Basel bisa menggunakan KTP, kami tidak mempersulit yang ingin berobat," tegas Eddy.

Ia mengungkapkan, apabila masyarakat masih dipersulit dalam berobat gratis agar disampaikan ke pemerintah daerah. "Sudah kami tegaskan dan sampaikan ke pihak puskesmas dan rumah sakit, untuk melayani masyarakat berobat dan jangan dipersulit karena itu sangat fatal bagi pemerintah daerah," ungkapnya.

Pihaknya akan terus melakukan terobosan-terobosan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat khususnya bidang kesehatan. "Iya kita terus melakukan pembenahan terus, sesuai dengan intruksi Pak Bupati karena jangan sampai ada masyarakat yang masih tidak dapat berobat gratis," ujarnya.

Ia berharap, melalui berobat gratis ini, masyarakat bisa merasakan program-program Pemkab Basel selama masa kepemimpinan Riza-Debby. "Semoga seluruh masyarakat dapat merasakanlah program-program Pemkab Basel ini, apalagi Riza-Debby memiliki empat janji politik yang harus ditepati sebelum masa jabatannya habis," harapnya.

Eddy mengimbau, kepada seluruh petugas medis di puskesmas hingga rumah sakit agar menerima pasien yang sudah datang dan dilayani sesuai permintaan masyarakat. "Kami minta layani dengan benar, jangan sampai ditolak ataupun tidak dilayani karena itu bisa menimbulkan isu yang bisa meresahkan terhadap masyarakat," tegasnya.

Sebelumnya, Bupati Bangka Selatan, Riza Herdavid meluncurkan program berobat gratis menggunakan KTP atau universal health coverage (UHC) di Pantai Kelisut, Toboali, Minggu (11/12/2022). Diketahui, program ini sudah berjalan sejak awal bulan Desember 2022.

"Alhamdulillah, hari ini saya secara simbolis meluncurkan salah satu program unggulan kami yaitu berobat menggunakan KTP, yang sejak awal telah menjadi komitmen kami untuk memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik buat masyarakat," kata Riza.

Menurutnya, pelayanan berobat gratis ini diberikan kepada seluruh masyarakat yang memang yang belum memiliki BPJS. "Dengan adanya program ini masyarakat cukup membawa KTP saja untuk berobat di rumah sakit atau puskesmas, saya minta juga tolong sosialisasikan program ini ke seluruh masyarakat agar mereka tahu program ini sudah berjalan," jelasnya.

Ia mengakui, fasilitas ini bisa digunakan untuk berobat di Pulau Bangka hingga luar Pulau Bangka. "Bisa digunakan di mana saja, akan tetapi harus dapat rujukan terlebih dahulu. Karena kalau tidak dilayani laporkan saja kepada saya atau bisa hubungi pihak puskesmas masing-masing. Bila perlu hubungi saya langsung ataupun kepala dinas kesehatan, yang terpenting pasiennya KTP Basel," tegas Riza.

Plt Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (DKPPKB) Basel, Agus Pranawa mengatakan, pelayanan berobat gratis di rumah sakit bisa dinikmati masyarakat yang telah mengantongi surat rujukan dari pihak puskesmas. Namun, ada toleransi bagi masyarakat yang ingin ke rumah sakit, yang memang bersifat darurat bisa langsung di bawah ke rumah sakit untuk mendapatkan layanan.

"Sejak awal bulan ini sudah bisa digunakan oleh masyarakat secara gratis, yang terpenting ada KTP Basel. Karena ini adalah janji Bupati dan Wakil Bupati Basel ketika kampanye kemarin, jadi hari ini beliau langsung meluncurkannya," ungkap Agus.

Ketua DPRD Basel, Erwin Asmadi mengaku, akan mendukung program ini terutama di sisi anggaran yang bermanfaat bagi masyarakat Basel. "Ya kami selaku wakil rakyat di DPRD Basel, akan selalu dukung program pemerintah daerah apalagi demi kepentingan masyarakat. Yang terpenting memberikan manfaat bagi masyarakat dan harus terealisasi dengan baik," jelas Erwin. (v1)

Sumber: Bangka Pos

Ikuti kami di

AA
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved