Kabar Belitung

Dinkes Belitung Kirim 14 Sampel Pasien Covid-19

Belasan sampel pasien Covid-19 di Belitung yang probable atau berkemungkinan varian Omicron telah dikirimkan ke Pangkalpinang.

Editor: Rusaidah
DOK BANGKA POS
Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung Joko Sarjono. 

TANJUNGPANDAN, BABEL NEWS - Belasan sampel pasien Covid-19 di Belitung yang probable atau berkemungkinan varian Omicron telah dikirimkan ke Pangkalpinang.

Menurut Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung Joko Sarjono, memang beberapa waktu terakhir kasus Covid-19 mengalami peningkatan. Pengiriman sampel tersebut guna memastikan jika pasien Covid-19 terkena Omicron atau tidak.

"Ada sekitar 14 sampel yang dikirim. Baru dikirimkan dan saat ini menunggu hasilnya apakah itu Omicron atau bukan, tapi yang jelas saat ini memang sudah ada kasus Omicron di Belitung, bisa jadi penularannya sudah terjadi," katanya, Selasa (8/2).

Joko mengatakan, sebenarnya tak ada perbedaan penanganan antara Covid-19 biasa dan Omicron. Prosedur penanganannya masih sama yakni pasien tanpa gejala atau gejala ringan diharuskan menjalani isolasi selama 10 hari.

Berdasarkan pantauan pada laman covid19.belitung.go.id kasus positif berdasarkan data Senin (7/2) sebanyak 82 kasus. Dari sejumlah kasus tersebut 79 di antaranya menjalani isolasi mandiri, sementara 3 orang menjalani perawatan di RSUD Marsidi Judono.

"Dua hari lalu juga ada satu pasien Covid-19 di Tanjungpandan yang dinyatakan meninggal dunia. Memang pasien ini ada komorbidnya," sebut dia.

Gejala Omicron, lanjutnya, tidak terlalu berbeda dengan Covid-19 pada umumnya. Meski tingkat penularan hampir sama masifnya dengan Delta, namun tidak seganas Delta.

Ia tetap mengimbau masyarakat bahwa selama pandemi belum selesai maka penerapan protokol kesehatan harus terus dijalankan, walaupun kasus menurun.

Sebagai informasi, pada 2 Februari lalu Belitung mengumumkan kasus Omicron pertama yang terjadi pada sembilan warga Tanjungpandan. Pengumuman positif Omicron tersebut dilakukan setelah mendapatkan hasil dari pengecekan sampel dari Laboratorium Genomik Solidaritas Indonesia (GSI). (del)

 

Sumber: Bangka Pos
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved