Kabar Belitung

Sampel 12 Pasien Diduga Terinfeksi Covid-19 Varian Omicron

Sekitar 12 pasien yang sedang dirawat di RSUD Marsidi Judono Tanjungpandan diduga terinfeksi Covid-19 varian omicron.

Editor: Rusaidah
DOK BANGKA POS
Direktur RSUD Marsidi Judono Tanjungpandan dr Hendra SpAn. 

TANJUNGPANDAN, BANGKA POS - Sekitar 12 pasien yang sedang dirawat di RSUD Marsidi Judono Tanjungpandan diduga terinfeksi Covid-19 varian omicron.

Pernyataan tersebut berdasarkan hasil pemeriksaan laboratorium SGTF dengan hasil pemeriksaan probable omicron. Termasuk satu pasien yang meninggal dunia pada tanggal 7 Februari lalu.

"Pemeriksaan labkesda provinsi karena kami diminta mengirim sampel yang dicurigai omicron. Nanti dari labkesda diteruskan ke labpuslitbangkes untuk pemeriksaan whole genom sequence," jelas Direktur RSUD Marsidi Judono Tanjungpandan dr Hendra SpAn kepada Bangka Pos Group, Kamis (10/2).

Pernyataan tersebut bukan tanpa dasar, sebab dari hasil pemeriksaan sembilan sampel pasien di laboratorium GSI dengan hasil positif omicron.

Melihat penambahan pasien probable omicron, Hendra mengakui kondisi tersebut di luar ekspektasi.
Bahkan tanpa diduga, wilayah Kabupaten Belitung akhirnya terdampak varian omicron.

Oleh sebab itu, Hendra menyarankan agar masyarakat segera melakukan vaksinasi untuk mencegah sekaligus mengurangi dampak gejala yang ditimbulkan.

"Yang penting itu segeralah vaksin, karena tidak ada lain obatnya cuman itu. Tapi bukan hanya dua, kalau sudah masuk jadwal booster segeralah booster," katanya.

Selain itu, lanjutnya, masyarakat jangan pernah menganggap remeh varian omicron.

Meskipun sekitar 80 persen pasien terpapar dengan gejala ringan tapi masih terdapat 10 persen potensi gejala berat terutama usia lansia ditambah komorbit.

"Intinya jangan menganggap remeh tapi jangan terlalu panik juga. Aktifitas tetap seperti biasa tapi tetap disiplin prokes," katanya. (dol)

Sumber: Bangka Pos
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved