Berita Pangkalpinang

60 Pedagang Babel Ikut Gebyar HUT UMKM

Naziarto mengatakan, digitalisasi menjadi hal penting yang harus dipahami dan diterapkan oleh pelaku UMKM di Babel.

Bangka Pos/Cici Nasya Nita
HUT UMKM - Sekda Babel, Naziarto saat membuka Gebyar HUT UMKM nasional 2022 edisi Kemerdekaan RI di Taman UMKM Babel, Rabu (31/8). 

PANGKALPINANG, BABEL NEWS - Pukulan gong oleh Sekretaris Daerah Kepulauan Bangka Belitung, Naziarto menjadi tanda dibukanya Gebyar HUT UMKM nasional 2022 edisi Kemerdekaan RI di Taman UMKM Babel, Rabu (31/8) hingga Jumat (2/9). Total ada 60 UMKM dan 13 mitra mengikuti kegiatan yang digelar Dinas Koperasi dan usaha kecil menengah (UMK) Babel ini.

"Kegiatan ini sangat positif, sebagai motivasi dan inovasi kepada pelaku UMKM yang digerakkan Dinas Koperasi dan UKM, ini menunjukkan geliat UMKM di Babel sudah semakin berkembang," ujar Naziarto.

Naziarto mengatakan, digitalisasi menjadi hal penting yang harus dipahami dan diterapkan oleh pelaku UMKM di Babel. Menurutnya, saat ini pelaku UMKM masih kerap melakukan transaksi secara tunai.

"Ada istilah underbanked dan underkable. Mereka underbanked, punya buku rekening tapi tidak dimanfaatkan dunia perbankan, dalam transaksi lebih banyak cash. Dikenal juga underkable, tidak melakukan transaksi itu dengan digitalisasi walau sudah memiliki rekening tetapi tidak bisa dikembangkan dengan kartu kredit, sehingga tetap dengan pola lama yakni cash. Ke depan kita ingin pelaku UMKM bisa menghemat waktu dan bekerja, maka tidak boleh lagi underbanked dan underkable," kata Naziarto.

Urus NIB
Kepala Dinas Koperasi dan UKM Babel, Yulizar Adnan mengatakan, kegiatan ini sebagai bentuk upaya pemerintah provinsi untuk hadir dalam mendukung UMKM di Babel. "Ini ajang silaturahmi para pelaku UMKM dan dalam rangka setelah pandemi, kita mencoba teman-teman UMKM untuk berdigitalisasi," kata Yulizar.

Diakuinya, pemerintah provinsi juga memfasilitasi para pelaku UMKM di Babel untuk bisa mudah mengurus NIB (Nomor Induk Berusaha) dan penunjang usaha lainnya. "Kita fasilitasi NIB, merek, sertifikat halal, dan ada subsidi juga sertifikat halal, penting sekali produk itu memiliki sertifikat halal," jelasnya.

Owner Kamiz Choc's, Hamdan sangat menantikan kegiatan yang digelar oleh Pemprov Babel ini. "Ini baik sekali ya agenda seperti ini, jadi sarana buat menawarkan produk kami, dan ini menjadi hal penting bagi kami," kata Hamdan.

Dirinya tak menampik dengan adanya kegiatan ini semakin menambah jam terbang usahanya agar dikenal masyarakat luas. "Kebetulan usaha saya berjalan bulan April 2022 kemarin jadi termasuk baru ,nah ini momen yang tepat buat mengenalkan produk kita ,mungkin ada masyarakat yang belum tau," ujarnya.

Sandri, pemilik kuliner Telur Gulung Bang Sans turut memanfaatkan momentum tersebut. "Jauh berbeda yang pasti karena di sini tempat orang berkumpul karena ada acara gitu jadi orang-orang pada ke sini, dan sangat berdampak terhadap penjualan kita," ucap Sandri.

Selama gelaran bazar, ia mampu meraih omzet berkisar Rp1 juta hingga Rp3 juta setiap hari. Jumlah tersebut sangat signifikan jika dibandingkan pada operasional hari biasanya yang berkisar Rp600 ribu-Rp1 juta. "Tentunya ini menjadi dukungan pemerintah terhadap kita, kita juga karena omzet berkembang bisa membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat," pungkasnya. (s2)

Sumber: Bangka Pos
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved