Berita Bangka Tengah

Kebakaran Landa SDN 8 Pangkalanbaru, 2 Rumah Dinas Guru Ludes Terbakar

Kebakaran melanda kawasan Sekolah Dasar Negeri (SDN) 8 Pangkalanbaru yang berada di Jalan Pangkol, Air Mesu Timur, Pangkalan Baru.

Bangka Pos/Akhmad Rifqi Ramadhani
SISA KEBAKARAN - Kondisi bangunan sisa kebakaran di SDN 8 Pangkalanbaru, Senin (5/9). Dalam kejadian ini, dua rumah dinas guru yang ada di kawasan tersebut ludes terbakar. 

PANGKALANBARU, BABEL NEWS - Kebakaran melanda kawasan Sekolah Dasar Negeri (SDN) 8 Pangkalanbaru yang berada di Jalan Pangkol, Air Mesu Timur, Pangkalan Baru, Bangka Tengah, Minggu (4/9) sekitar pukul 22.45 WIB. Hasilnya, dua rumah dinas guru ludes terbakar dalam kejadian ini.

Dari informasi yang dihimpun di lokasi kejadian, Senin (5/9), api pertama kali muncul dari rumah dinas guru di dekat sekolah tersebut. Lalu, api dengan cepat membesar dan menjalar ke bangunan sebelahnya lantaran bangunan didominasi papan dan barang yang mudah terbakar.

"Jadi saya tiba-tiba dapat laporan dari warga katanya ada api di sekolah, saya pun langsung bergegas," kata Dian, petugas keamanan sekolah.

Ketika dirinya sampai di sekolah, ia terkejut bukan main setelah melihat api yang membumbung tinggi. Warga sekitar yang melihat kejadian tersebut mencoba memadamkan api dengan alat seadanya.

Menurutnya, tak lama setelah tiga unit pemadam kebakaran (damkar) tiba di lokasi untuk melakukan pemadaman. Api berhasil dipadamkan sekitar pukul 00.30 WIB.

Peristiwa ini tidak menimbulkan korban jiwa. Namun, dua rumah dinas guru ludes terbakar yang hanya menyisakan puing-puing bangunan. "Karena di bangunan ini banyak papan dan ada buku yang tidak terpakai juga makanya mudah terbakar dan banyak yang ludes dilalap api," ucapnya.

Belum diketahui penyebab kebakaran ini. Hingga saat ini, kepolisian masih melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) penyebab kebakaran.

Sedangkan para siswa diliburkan sementara, sampai waktu yang memungkinkan. "Ya para siswa kita liburkan sementara, sampai semuanya kondusif dan diketahui penyebab kebakaran apakah dari korslet atau yang lain, listrik kita juga sedang dilakukan perbaikan," jelas Kepala SDN 8 Pangkalanbaru, Juliana Lewa.

Kabid Damkar, Ari Purnama mengakui, api kemungkinan berasal dari korsleting arus pendek yang membuat komponen kayu terbakar. "Penyebab kebakaran masih diselidiki dan belum diketahui, namun dari keterangan warga terdengar suara seperti korsleting sebelum terbakar, " ungkap Ari.

Ia mengimbau, agar masyarakat selalu waspada terhadap keselamatan rumah dan jauhkan hal-hal yang membuat celaka. "Saya selalu mengimbau, cek terus keamanan kelistrikan, matikan listrik jika tidak di rumah, gas jangan ditinggalkan dan selalu cek keamanan rumah agar terhindar dari musibah kebakaran," jelasnya. (v2)

Sumber: Bangka Pos
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved