Kabar Pangkalpinang

Akademisi Sebut Masyarakat Bisa Budidaya Tambak Udang Skala Rakyat

Harga jual udang Vaname kian tinggi, padahal hingga kini masih menjadi komoditas unggulan dari sektor perikanan Bangka Belitung.

Editor: Rusaidah
Istimewa
Dosen Akuakultur Budidaya Perikanan Universitas Bangka Belitung Dr Robin. 

PANGKALPINANG, BABEL NEWS - Harga jual udang Vaname kian tinggi, padahal hingga kini masih menjadi komoditas unggulan dari sektor perikanan Bangka Belitung.

Dosen Akuakultur Budidaya Perikanan Universitas Bangka Belitung Dr Robin mengatakan, tingginya harga udang Vaname ini memang merupakan komoditi yang dibudidayakan dengan harga/cost produksi cukup tinggi. Selain itu, hasil produksi dari tambang udang memang berorientasi ekspor sehingga harga udang Vaname relatif tinggi.

Untuk memberikan harga jual udang Vaname yang lebih ekonomis, ia menyarankan agar pemerintah bisa menggalakkan budidaya tambak udang skala rakyat dengan teknologi-teknologi terkini atau modifikasi. Sehingga masyarakat bisa ikut menikmati Vaname dengan harga murah.

"Budidaya udang Vaname dapat dilakukan oleh masyarakat siapa saja, skala rumah tangga dengan biaya produksi yang lebih ekonomis dengan inovasi atau teknik modifikasi. Sehingga sama antara hasil produk (Vannme) yang dibudidaya, namun masyarakat bisa ikut menikmati Vaname dengan harga murah," ujarnya.

Tak hanya itu ia mengungkapkan, jika pemerintah juga dapat mengupayakan pembenihan Vaname ada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, sehingga sumber benih dapat diperoleh lebih dekat, harga bisa lebih ekonomis dan tingkat kehidupan benih saat dipelihara lebih tinggi.

Sedangkan untuk mensuplai pakan petambak skala rakyat, pemerintah dapat bekerja sama dengan pabrik pakan. Sehingga pakan udang dapat diperoleh masyarakat dengan mudah dan dengan harga yang lebih stabil. (t3)

 

Sumber: Bangka Pos
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved