Kabar Pangkalpinang

Banderol Udang Vaname Masih Tinggi

Harga udang tambak atau udang Vaname di sejumlah pasar di Kota Pangkalpinang masih terpantau tinggi.

Editor: Rusaidah
Bangka Pos/Andini Dwi Hasanah
Pedagang udang tambak atau udang Vaname di Pasar Air Itam Kota Pangkalpinang. 

PANGKALPINANG, BABEL NEWS - Harga udang tambak atau udang Vaname di sejumlah pasar di Kota Pangkalpinang masih terpantau tinggi. Satu kilogram udang dibanderol dengan harga Rp100 ribu sampai Rp110 ribu per kilogram.

Melda, warga Air Itam Pangkalpinang mengaku dengan harga udang yang masih sangat tinggi ia dan keluarga nyaris jarang sekali mengonsumsi udang. Menurutnya, ikan dan ayam menjadi pilihan makanan lauk pauk yang wajib ada.

"Rasanya enak, cuma kalau mahal sekilo mau Rp100 ribu keberatan juga. Sudah cukup beli ayam sama ikan harga segitu," sebut Melda kepada Bangka Pos Group, Jumat (9/9).

Bukan tak mampu, namun kata Melda untuk membeli udang yang dengan harga tinggi cukup membuat para emak-emak memikirkan dua kali.

"Kalau makan pernah, cuma tidak sering karena harganya yang tinggi, kalau udang tambak atau udang air tawar seharga ikan mendingan," tuturnya.

Pedagang udang di Pasar Ikan Air Itam Pangkalpinang Yuni menyebut, kini harga udang Vaname Rp100 ribu per kilogram. Sementara harga udang laut seharga Rp70 ribu sampai Rp130 ribu kualitas super.

"Kalau yang beli sepi, kadang cuma minta Rp30 ribu tetap kita kasih. Karena harga ngambil udangnya juga sudah tinggi jadi jual juga tinggi," sebut Yuni.
Senada dengan Koko, pedagang udang di Pasar Induk Pembangunan Pangkalpinang mengaku menjual udang tambak seharga Rp110 ribu.

Menurutnya, harga tersebut sudah mengalami penurunan, sebelumnya berkisar Rp120 ribu.

"Kadang tergantung besar kecil udangnya, kalau besar harganya tinggi. Ada harga ada barang, kalau kita banyak yang sudah langganan seperti restoran atau rumah makan," sebutnya.

Diakui Koko, pembeli udang tambak dan udang air laut seimbang. Banyak juga yang lebih menyukai udang air tawar sebab lebih manis.

"Seimbanglah, banyak yang suka udang air tawar kadang karena katanya lebih manis. Lalu kami ngambil itu dari TPI kadang kalau ada kawan tambak langsung kasih," tuturnya. (t2)

 

Sumber: Bangka Pos
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved