Kabar Belitung Timur

Gracewaty Juara PSM Teladan se-Indonesia

Gracewaty seorang ASN di Dinas Sosial Belitung Timur menjadi PSM Teladan Terbaik se-Indonesia.

Editor: Rusaidah
Istimewa/Dok. Gracewaty
Gracewaty saat menerima penghargaan langsung dari Menteri Desa PDTT RI Halim Iskandar. 

MANGGAR, BABEL NEWS - Sinergi Penggerak Swadaya Masyarakat Berbasis Sekolah (Si PSM Bebase) berhasil membawa Gracewaty seorang ASN di Dinas Sosial Belitung Timur menjadi PSM Teladan Terbaik se-Indonesia.

Gracewaty meraih predikat itu setelah melewati berbagai proses panjang seleksi yang diikuti seluruh PSM terbaik dari seluruh Indonesia.

Ditemui Bangka Pos Group, Kamis (15/9), Grace bercerita Program Bebase ini berupa pemberdayaan untuk anak sekolah. Contohnya yaitu pelatihan, penyuluhan, serta pengolahan limbah sampah yang bekerjasama dengan perpustakaan sekolah dan desa.

"Dalam program tersebut juga kami bawa program Pak Bupati yaitu Yuk ke Ume. Kami bersinergi antara PAUD, komunitas, ataupun petani di sekitar lingkungan sekolah. Kami mengenalkan sejak dini pada siswa bahwa bertani itu tidak sulit dan bisa dilaksanakan sejak usia belia," jelas perempuan warga Lenggang, Gantung itu.

Selain Bebase, ada juga Program Berkat alias Berbasis Masyarakat yang dibawa oleh Grace. Program itu yakni kegiatan pemberdayaan masyarakat berupa sinergi dengan desa, OPD, dan steakholder terkait agar bisa memaksimalkan potensi desa.

Selain itu melaksanakan pendampingan berkelanjutan terhadap program yang telah dibuat dan melaksanakan monitoring dan evaluasi terhadap kegiatan yang dilaksanakan agar kegiatan bisa terus berkelanjutan.

"Kemarin penilaiannya yaitu verifikasi praktik apa saja yang dilakukan oleh PSM terkait yang mempunyai dampak baik bagi masyarakat secara sosial dan ekonomi masyarakat (SDGs). Kegiatan itu dinilai dari bukti fisik praktik baik yang dilakukan PSM dan diverifikasi oleh tim penilai kepada penerima manfaat praktik baik PSM," kata Grace.

Grace bilang bahwa menjadi PSM selain harus melatih, menyuluh, membina, juga harus menyerap tenaga kerja, dan meningkatkan PAD serta PADes.
Dia berpesan kepada seluruh kawan-kawan PSM di Belitung Timur dan Indonesia agar melakukan pekerjaan secara tulus karene pemberdayaan itu bukan pekerjaan yang gampang sebab berhubungan dengan banyak orang yang punya pemikiran berbeda-beda.

"Mungkin dari 10 program yang teman-teman susun hanya la yang berhasil. Jangan putus asa, tetap semangat membangun dan lakukan sesuai kemampuan dan passion diri masing-masing. Jangan lupa juga sinergi dengan yang lain agar menciptakan sesuatu yang luar biasa dan mampu memberdayakan masyarakat dengan cara yang berbeda," pesan Grace.

Penyerahan piala dan piagam diberikan secara langsung oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi RI Halim Iskandar di kantornya. (s1)

Sumber: Bangka Pos
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved