Kabar Pangkalpinang

PPM Poltekkes Gebyar Lansia di Desa Pedindang

PPM Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang mengadakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (Pengabmas) di Desa Pedindang.

Editor: Rusaidah
Istimewa/Dok. Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang
Kegiatan Pengabmas yang dilakukan PPM Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang. 

PANGKALPINANG, BABEL NEWS - Pusat penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (PPM) Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang mengadakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (Pengabmas) di Desa Pedindang Kecamatan Pangkalanbaru, Bangka Tengah.

Kegiatan Pengabmas ini merupakan tahun kedua yang dilakukan di Desa Pedindang, sebab desa ini merupakan satu di antara desa binaan Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang.

Ini menjadi langkah intervensi yang dilakukan oleh Pusat PPM setelah melakukan analisis berbagai data terkait kesehatan di Desa Pedindang. Sasaran yang difokuskan adalah lansia, dengan umur diatas 50 tahun.

Adapun tema dari kegiatan ini adalah 'Gebyar Lansia Ceria' bertujuan untuk berbagi banyak hal kepada para lansia agar tetap sehat, mandiri dan ceria di usia senja.

Kegiatan ini juga merupakan salah satu rangkaian dari agenda Dies Natalis Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang, yang jatuh pada tanggal 27 September 2022 nanti.

Kegiatan juga dihadiri langsung oleh Direktur Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang Akhiat sekaligus membuka acara Pengabmas. Selain itu juga dihadiri Wakil Direktur I Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang Ayi Diah Damayani, M.Keb, Kepala Pusat PPM Mirnawati Zalili Sailan, Kepala Desa Pedindang Sarli M, Tim Pusat PPM, Dosen dan Pranata Laboratorium Pendidikan (PLP) Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang, serta para lansia yang menjadi target intervensi kegiatan Pengabmas kali ini.

Ketua Tim Pengabmas Desa Pedindang Ratmawati menyebut, setelah acara dibuka secara resmi, dilanjutkan dengan penandatanganan Kerjasama (MoU) Kontrak Non Riset antara Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang dengan Desa Pedindang.

"Pelaksana kegiatan ini adalah para dosen, PLP dan mahasiswa dari empat Jurusan yang ada di Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang yaitu Jurusan Keperawatan, Kebidanan, Gizi dan Farmasi. Kegiatan ini dihadiri sekitar 53 orang lansia yang tinggal di wilayah Desa Pedindang," ujar Ratmawati dalam rilis kepada Bangka Pos Group, Senin (19/9).

Kata Ratmawati, rangkaian kegiatan Pengabmas ini meliputi senam sehat bersama para lansia, pemeriksaan kesehatan seperti cek tekanan darah, kolesterol, asam urat dan gula darah.

"Kemudian dilanjutkan dengan penyuluhan kesehatan terkait gizi seimbang dan konsumsi obat yang aman bagi para lansia. Setelah itu dilanjutkan dengan evaluasi dari materi yang telah diberikan. Seluruh rangkaian kegiatan dapat diikuti dengan tertib dan aktif oleh para lansia, proses tanya jawab berjalan lancar, dan dapat mengetahui status kesehatan masing-masing," tuturnya.
Diakhir kegiatan para pelaksana mengadakan berbagai lomba bagi para lansia diantaranya lomba joget balon dan lomba mengupas telur.

Menurutnya, intervensi ini dilakukan agar lansia dapat melakukan berbagai gerakan fisik dan terjalin silaturahim diantara mereka.
"Para lansia sangat antusias mengikuti berbagai lomba dan bagi pemenang mendapatkan berbagai hadiah menarik dari pelaksana Pengabmas. Bagi peserta yang datang pada kegiatan ini juga mendapatkan suvenir menarik," sebutnya.

Dia juga sempat memberikan tips kepada para lansia agar mengonsumsi makanan yang beragam, membiasakan berperilaku hidup sehat, menjaga berat badan, serta rajin berolahraga dan tetap aktif produktif.

"Berbagai masalah kesehatan akan muncul seiring dengan bertambahnya umur, yang diperberat risikonya dengan pola hidup dan pola makan yang kurang tepat. Untuk itu diperlukan kesadaran para lansia untuk menjaga kesehatannya," bebernya. (*/t2)

Sumber: Bangka Pos
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved