Breaking News:

Zulkifli dan Keluarga Akhirnya Tempati Rumah Layak Huni

Rumah milik Zulkifli merupakan rumah ke 1.079 yang direnovasi Pemerintah Kota Pangkalpinang melalui program bedah rumah

Editor: suhendri
Bangka Pos/Cepi Marlianto
BANTUAN RUMAH LAYAK HUNI - Wali Kota Pangkalpinang Maulan Aklil menyerahkan bantuan rumah layak huni kepada Zulkifli Hasyim, warga Jalan Berlian IV, RT 004/RW 001, Kelurahan Sriwijaya, Kecamatan Girimaya, Pangkalpinang, Sabtu (17/9/2022). 

PANGKALPINANG, BABEL NEWS - Zulkifli Hasyim, warga Jalan Berlian IV, RT 004/RW 001, Kelurahan Sriwijaya, Kecamatan Girimaya, Pangkalpinang, mengucap syukur setelah menerima bantuan rumah layak huni dari pemerintah kota setempat, Sabtu (17/9/2022).

"Tiga tahun lalu mengajukan (bantuan rumah layak huni). Alhamdulillah, banyak terima kasih," kata Zulkifli.

Sebelumnya, Zulkifli dan keluarga sempat menempati rumah tak layak huni selama 25 tahun. Dia dan keluarga baru mendapatkan bantuan rumah layak huni di tahun ini.

"Dibandingkan (rumah) yang lama saya sangat puas. Saya mengucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya kepada Pak Wali Kota dan pemerintah kota atas bantuan rumah ini," ujar Zulkifli.

Bantuan rumah layak huni tersebut diserahkan Wali Kota Pangkalpinang Maulan Aklil kepada Zulkifli Hasyim bertepatan dengan peringatan HUT ke-265 Kota Pangkalpinang, Sabtu (17/9/2022).

Rumah milik Zulkifli merupakan rumah ke 1.079 yang direnovasi Pemerintah Kota Pangkalpinang melalui program bedah rumah bagi masyarakat kurang mampu sejak 2018.

"Sejak awal saya menjabat wali kota, target kita adalah Kota Pangkalpinang tidak ada lagi rumah tidak layak huni," kata Molen, sapaan akrab Maulan Aklil.

Oleh karena itu, pihaknya akan terus melanjutkan program bedah rumah bagi masyarakat kurang mampu tersebut.

Lurah dan camat telah diinstruksikan untuk mengusulkan rumah warga yang harus diperbaiki.

"Usulkan lagi mana-mana rumah yang wajib kita perbaiki agar tidak ada lagi rumah tak layak huni di Kota Pangkalpinang, sesuai slogan kita semua masyarakat Pangkalpinang harus tersenyum," tutur Molen.

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kota Pangkalpinang Bartholomeus Suharto mengatakan, pihaknya pada tahun ini hanya membangun 13 rumah baru bagi masyarakat.

Tiga belas rumah yang dimaksud tersebar di tiga kecamatan, yakni Girimaya, Rangkui, dan Pangkalbalam.

"Ini karena refocusing anggaran karena Covid-19 sejak tahun 2020 sehingga tidak banyak yang dapat dibantu, namun masih ada," kata Suharto.

Dia menyebut dana pembangunan 13 rumah baru tersebut bersumber dari APBD Kota Pangkalpinang, APBD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, bantuan stimulan perumahan swadaya (BSPS) Kementerian PUPR, dana alokasi khusus (DAK), dan corporate social responsibility (CSR) atau tanggung jawab sosial perusahaan.

"Program rumah layak huni ini dibangun dengan tipe rumah 36 dengan pembangunan baru. Penentuan penerima rumah layak huni ini sendiri berdasarkan hasil musrenbang tingkat kelurahan dan kecamatan dan usulan beberapa anggota DPRD," tuturnya. (u1)

Sumber: Bangka Pos
  • Baca Juga
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved