Berita Bangka Tengah

Pemkab Bangka Tengah dan BPS Komitmen Sukseskan Regsosek

Pemkab bersama BPS Bangka Tengah dan unsur-unsur lainnya melakukan penandatanganan komitmen untuk menyukseskan registrasi sosial ekonomi.

Bangkapos/Arya Bima Mahendra
Sekda Bangka Tengah, Sugianto 

PANGKALANBARU, BABEL NEWS - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah bersama Badan Pusat Statistik (BPS) Bangka Tengah dan unsur-unsur lainnya melakukan penandatanganan komitmen untuk menyukseskan registrasi sosial ekonomi (Regsosek) di Hotel Soll Marina Pangkalanbaru, Selasa (20/9). Kegiatan juga diisi sosialisasi kepada seluruh kades dan lurah se-Bateng tentang pentingnya Regsosek.

Kepala BPS Bateng, Rizanal Mahmudin menjelaskan, dalam menjalankan pendataan pelaksanaan Regsosek ini, akan disaring dengan sebaik-baiknya agar tidak ada data yang ganda ataupun terlewatkan. "Regsosek ini sebagai pondasi kuat yang dilakukan dengan kolaborasi serta koordinasi bersama pihak-pihak terkait baik dari pemerintah kabupaten maupun provinsi," kata Rizanal, Rabu (21/9).

Dia berujar, dengan adanya sosialisasi ini, para kades atau lurah se-Bateng ini dapat mendukung BPS terutama petugas-petugas yang akan turun langsung ke lapangan untuk melakukan pendataan. "Dari pertemuan ini, kita harapkan muncul dukungan penuh dari kades/lurah sehingga pelaksanaan Regsosek mendapatkan data yang valid dan akurat," ujarnya.

Sekda Bateng, Sugianto mengatakan, kelengkapan Regsosek ini membuka peluang pemanfaatan yang luas. Diakuinya, Regsosek ini tidak hanya untuk program perlindungan sosial yang tepat sasaran, melainkan data Regsosek yang lengkap ini akan mendukung program pemberdayaan ekonomi, penyediaan kebutuhan infrastruktur dasar, pemerataan akses pendidikan dan kesehatan.

"Dengan potensi pemanfaatan yang luar biasa besar, pengembangan Regsosek harus komprehensif, tidak hanya berhenti di pendataan awal saja, melainkan juga harus terus berkesinambungan dan menyeluruh," ucap Sugianto.

Menurutnya, sebagai langkah strategis dalam pembangunan dan pemulihan Indonesia, pengembangan Regsosek ini membutuhkan upaya dan jalinan komitmen serta kolaborasi antara pemerintah pusat, daerah dan juga desa/kelurahan. "Oleh karena itu, kita butuh kolaborasi serta dukungan secara bersama-sama agar Regsosek ini dapat kita manfaatkan untuk membangun negeri dan khususnya membangun Bangka Tengah," pungkasnya. (u2)

Sumber: Bangka Pos
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved