Bawaslu Bangka Belitung Ingin Lebih Humanis

EM Osykar terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

Editor: suhendri
Dok. Bawaslu Babel
Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Bangka Belitung telah melakukan pelantikan dan pleno yang memutuskan EM Osykar (kanan) sebagai ketua Bawaslu Babel, anggotanya Jafri (tengah), dan Sahirin (kiri) untuk periode 2022-2027. 

PANGKALPINANG, BABEL NEWS - EM Osykar terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung periode 2022-2027 dalam rapat pleno pertama di Grand Mercure Jakarta, Rabu (21/9/2022).

Osykar pun dilantik menjadi Ketua Bawaslu Babel untuk lima tahun ke depan. Adapun anggota Bawaslu Babel adalah Dewi Rusmala, Jafri, dan Sahirin.

Osykar mengatakan, saat ini mereka fokus mengawal dan mengawasi tahapan Pemilu 2024 sampai pesta demokrasi tersebut selesai dilaksanakan.

"Pekerjaan Bawaslu dalam waktu dekat, yakni perekrutan panwascam yang sedang berjalan dan dimulai sejak tanggal 21-27 September untuk pendaftaran," katanya kepada Bangka Pos, Kamis (22/9/2022).

"Juga verifikasi administrasi terhadap pendaftaran partai politik yang sedang berlangsung. Bawaslu akan menggandeng banyak pihak, terutama teman-teman media sebagai corong keterbukaan informasi terkait pendidikan politik pada masyarakat," tutur Osykar.

Sementara itu, yang menjadi konsentrasi pihaknya ke depan, yakni menjadikan Bawaslu Babel lebih humanis dan dipercaya masyarakat sebagai lembaga pengawas pemilu sesuai amanah Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

"Pengawasan partisipatif bakal lebih dilakukan dan keterlibatan masyarakat dalam pencegahan pelanggaran juga dituntut aktif. Masyarakat tidak hanya menjadi objek yang diawasi, tetapi juga menjadi subjek sebagai pengawas," ujar Osykar.

Badan Pengawas Pemilihan Umum, lanjut dia, juga akan bersinergi dan berkolaborasi dengan akademisi perguruan tinggi/universitas dan organisasi masyarakat.

Tujuannya untuk menyosialisasikan banyak hal terkait pengawasan pesta demokrasi yang sehat, adil, dan partisipatif.

"Dalam waktu dekat juga kita akan mengikuti rapat koordinasi Bawaslu dan kepala daerah dalam mewujudkan netralitas ASN seluruh Indonesia pada pemilihan umum tahun 2024. Kepala daerah juga akan diundang, seperti gubernur dan sekda," kata Osykar. (riu)

Sumber: Bangka Pos
  • Baca Juga
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved