Molen Salut kepada Anggota Pramuka

Molen menyebut pramuka merupakan sarana yang efektif untuk membangun karakter generasi muda

Editor: suhendri
Dok. Diskominfo Kota Pangkalpinang
BERFOTO BERSAMA - Wali Kota Pangkalpinang Maulan Aklil dan Ketua Kwarcab Kota Pangkalpinang Monica Haprinda berfoto bersama para anggota pramuka di Alun-alun Taman Merdeka, Pangkalpinang, Sabtu (24/9/2022). 

PANGKALPINANG, BABEL NEWS - Wali Kota Pangkalpinang Maulan Aklil salut kepada para anggota pramuka yang tetap berdiri tegak di bawah guyuran hujan saat mengikuti upacara HUT ke-61 Pramuka di Alun-alun Taman Merdeka, Pangkalpinang, Sabtu (24/9/2022).

"Adik-adik pramuka ini tidak diragukan lagi disiplinnya. Saya salut," kata Molen, sapaan akrabnya, dalam keterangan tertulis yang diterima Bangka Pos, Minggu (25/9/2022).

Molen menyebut pramuka merupakan sarana yang efektif untuk membangun karakter generasi muda. Pramuka juga menjadi wadah pendidikan generasi muda untuk ikut mewujudkan cita-cita bangsa.

Menurutnya, tema Hari Pramuka 2022: Mengabdi Tanpa Batas untuk Membangun Ketangguhan Bangsa sangat tepat.

Sebab, dalam pramuka diajarkan mengenai cinta tanah air, bela negara, gotong royong, menghargai kebinekaan, dan membangun karakter bangsa dengan bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Tentunya melalui momentum ini bisa menjadi pemantik agar anggota pramuka lebih semangat, peduli, serta kebersamaan dan kekompakan yang makin kuat. Ini untuk membentuk agar menjadi karakter yang mampu bangkit dalam menghadapi kondisi sesulit apa pun. Dengan karakter ini, insyaallah para adik pramuka ini akan menjadi menjadi kader-kader penerus kami nantinya," tutur Molen.

Pemerintah Kota Pangkalpinang, lanjut dia, akan memperbanyak kegiatan pramuka agar dapat memperoleh predikat pramuka terbaik se-Bangka Belitung.

"Kita akan melaksanakan kegiatan di bumi perkemahan Kota Pangkalpinang yang baru, kita akan resmikan dengan satu kegiatan nanti," ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, sebanyak tujuh orang dari Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Kota Pangkalpinang mendapat anugerah Lencana Pancawarsa tahun 2022.

Mereka adalah Kartini, Hery, Elfita, Indriani, Fera, Hary, dan Febri Yanto.

Penganugerahan tersebut tertuang dalam Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 091 Tahun 2022 tentang Penganugerahan Tanda Penghargaan Lencana Dharma Bhakti, yang ditandatangani Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Komjen Pol (Purn) Budi Waseso, tertanggal 8 Agustus 2022.

Lencana Pancawarsa merupakan tanda penghargaan yang diberikan kepada anggota dewasa Gerakan Pramuka sebagai penghargaan atas kesetiaannya kepada organisasi dan keaktifannya melakukan kegiatan orang dewasa Gerakan Pramuka. (*/u1)

Sumber: Bangka Pos
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved