Kabar Pangkalpinang

Siswa SMAN 1 Bakal Belajar Jurnalistik di Bangka Pos

Puluhan siswa SMA Negeri 1 Bakam Kabupaten Bangka menyambangi Kantor Redaksi Bangka Pos di Jalan KH Abdurrahman Siddik Pangkalpinang, Rabu (28/9).

Editor: Rusaidah
Bangka Pos/Akhmad Rifqi Ramadhani
Siswa SMAN 1 Bakam field trip ke Kantor Bangka Pos, Rabu (28/9). 

PANGKAPINANG, BABEL NEWS - Puluhan siswa SMA Negeri 1 Bakam Kabupaten Bangka menyambangi Kantor Redaksi Bangka Pos di Jalan KH Abdurrahman Siddik Pangkalpinang, Rabu (28/9).

Mengenakan seragam almamater berwarna ungu, para siswa yang terdiri dari 37 Pengurus Osis dan Jurnalistik itu tampak antusias mengikuti kegiatan tersebut ditemani beberapa guru pendamping.

Meski perjalanan jauh ditempuh selama satu jam, hal itu tak menyurutkan mereka untuk belajar menjadi jurnalis.

Apalagi ketika sesi pemaparan dimulai, mereka tak henti-hentinya bertanya manakala Manajer Liputan Bangka Pos Group Alza Munzi Hipni menjelaskan kiat-kiat menjadi jurnalis.

"Penasaran bagaimana cara jurnalis itu bekerja sehingga bisa mendapatkan berita yang bagus, sangat senang pokoknya," ucap Dzakiyyah, satu di antara siswa kepada Bangka Pos Group.

Pada kesempatan itu, Alza memaparkan bagi siswa yang ingin menjadi jurnalis, maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Pertama, seorang jurnalis harus memiliki niat yang kuat terhadap profesinya.

"Ketika seseorang berniat maka ia akan giat berlatih, dengan berlatih kemampuan menulis pun akan terus bertambah dan meningkat, tentunya harus terus mau belajar," ujar Alza.

Selanjutnya, seorang jurnalis dalam menulis harus mengutamakan kode etik dan dituntut bekerja secara profesional. Namun, hal terpenting berita yang ditulis harus berdasarkan fakta agar tulisannya dapat dipertanggungjawabkan.

"Pada dasarnya setiap orang bisa menulis. Namun, untuk bisa menulis dengan baik, perlu proses agar tulisannya bermanfaat bagi pembaca," imbuh Alza.

Sementara itu Kepala SMAN 1 Bakam M Gunadi mengungkap, kegiatan ini bagian dari field trip dimana pembelajaran tidak hanya didapatkan di sekolah juga melainkan di luar sekolah.

"Kita ajak para Pengurus Osis disini dan juga ada empat jurnalis serta beberapa guru dan staf agar kita dapat berbagi ilmu dengan pakar (Bangka Pos)," jelasnya.

Menurutnya, ini merupakan terobosan agar siswa dapat memahami bagaimana menjadi jurnalis. Sebab, secara langsung, para peserta dapat mengetahui proses penulisan berita yang baik dan benar.

"Ada gerakan literasi yang sedang kami galakkan saat ini. Tidak hanya membaca atau meringkas, tetapi bisa terjun ke lapangan. Makanya kami ajak para jurnalis sekolah dan Pengurus Osis," ujarnya.

Selain itu, kegiatan ini diharapkan dapat memberdayakan serta menggali potensi siswa dalam menulis, sehingga terciptanya talenta anak-anak berbakat di jurnalistik.

Di sisi lain, ia juga berharap kegiatan yang baru pertama kalinya diselenggarakan ini tak hanya sampai di sini saja melainkan para siswa diharapkan mampu mengimplementasikan apa yang telah didapatkan dan berbagi ilmu kepada rekan-rekannya.

"Semoga kegiatan positif ini kerja sama dengan Bangka Pos tetap terus berlanjut, karena ini bagus untuk siswa," harapnya. (v2)

 

Sumber: Bangka Pos
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved