Berita Kabupaten Bangka

Hingga September, Capaian 86,35 Persen, Mulkan Ajak Genjot PAD

Bupati Bangka, Mulkan mengajak seluruh OPD untuk menggenjot capaian pendapatan asli daerah (PAD) di wilayahnya.

Bangka Pos/Edwardi
Bupati Bangka Mulkan didampingi Kepala DLH Kabupaten Bangka Meina. 

SUNGAILIAT, BABEL NEWS - Bupati Bangka, Mulkan mengajak seluruh OPD untuk menggenjot capaian pendapatan asli daerah (PAD) di wilayahnya. Hal ini dilakukannya setelah capaian PAD baru Rp132 miliar lebih atau 86,35 persen dari target Rp153 miliar.

"Jadi target PAD ini belum tercapai sekitar 23 persen lebih, sehingga hal ini harus kita kejar dan capai bersama-sama," kata Mulkan, dalam kegiatan coffee morning di rumah dinas Bupati Bangka, Senin (3/10).

Ia juga meminta, Wabup Bangka, Syahbudin selaku koordinator Tim OPAD untuk mempercepat target pajak daerah dan retribusi daerah ini. "Jadi yang menjadi perhatian kita saat ini untuk mencapai target pajak daerah dan retribusi daerah, silakan Pak Wabup Bangka," jelasnya.

Dirinya juga mengucapkan terima kasih atas dukungan dan kekompakan seluruh aparatur OPD di lingkungan Pemkab Bangka yang sudah empat tahun bersama-sama membantu kepemimpinan Bangka Setara Mulkan-Syahbudin. "Dalam masa empat tahun ini tentunya masih banyak hal-hal yang belum kita lakukan untuk masyarakat, sesuai harapan kita dan masyarakat kita," ujar Mulkan.

Dalam sisa waktu 1 tahun terakhir inilah, dirinya mengajak untuk berusaha keras memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat Kabupaten Bangka. "Bukan berarti dalam masa satu tahun terakhir ini kami mengendorkan kegiatan, tetapi kami tetap mengencangkan dan menyelesaikan program-program kerja yang belum maksimal untuk masyarakat," tegasnya.

Diakuinya, penyerapan dari dana-dana transfer pemerintah pusat ini harus dilakukan evaluasi. Apakah ada hambatan-hambatan dan kendala lainnya, apakah ada revisi dan lainnya.

"Penyerapan DAK ini jangan sampai terjadi hambatan-hambatan, karena sesuai jadwal terakhir tanggal 21 Oktober bahwa penyerapan tahap 2 sudah harus diselesaikan dan tanggal 15 Desember semua kegiatan kita sudah harus selesai semua, jadi hari ini kami mengingatkan OPD-OPD sebagai pengampuh dana DAK fisik, DAK nonfisik dan DID agar bisa menyelesaikan pekerjaannya," kata Mulkan.

Sebelumnya, Wakil Bupati Bangka, Syahbudin membuka rapat koordinasi Tim Optimalisasi Pendapatan Asli Daerah (OPAD) tahun 2022 di Hotel Parai Sungailiat Kabupaten Bangka, Selasa (6/9). Kegiatan ini merupakan kelanjutan rencana untuk meningkatkan persentase pendapatan asli daerah (PAD), khususnya sektor pajak dan retribusi daerah tahun 2022 di Kabupaten Bangka.

"Saat ini sudah dibentuk dan disusun ulang keanggotaan Tim OPAD 2022 dan telah melaksanakan tugas penagihan dan pengawasan terhadap objek dan subjek pajak tahun berjalan maupun piutang pajak," ujar Wakil Bupati Bangka, Syahbudin.

Menurutnya, dengan dibentuknya Tim OPAD ini, akan mengingatkan kesadaran wajib pajak dalam memenuhi kewajiban perpajakannya dan meningkatkan penerimaan pajak. "Dalam pemasangan tapping box sudah dilakukan sebanyak 30 unit dan akan dilakukan pemasangan lanjutan sebanyak 35 unit lagi yang perlu dilakukan pengawasan atas pemasangan dan penggunaan sesuai yang telah ditetapkan untuk menghindari penggelapan pajak," katanya.

Ia mengakui, kerja sama yang baik sudah dilakukan dan dapat terus dipertahankan ke depan guna membantu pembangunan di Kabupaten Bangka. "Kami ucapkan terima kasih atas kerja sama semua pihak dalam membantu peningkatan PAD Kabupaten Bangka ini," ujar Syahbudin. (edw)

Sumber: Bangka Pos
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved