Kabar Pangkalpinang

Siswa SDN 1 Parittiga Semangat Belajar Jadi Wartawan Cilik

Refan (11) mengacungkan tinggi tangan kanannya di ruang percetakan Bangka Pos Group Jalan K.H Abdurrahman Siddik, Kota Pangkalpinang, Senin (3/10).

Editor: Rusaidah
Bangka Pos/Akhmad Rifqi Ramadhani
Kegiatan study tour SDN 1 Parittiga ke media Bangka Pos Group, Senin (3/10). 

PANGKALPINANG, BABEL NEWS - Refan (11) mengacungkan tinggi tangan kanannya di ruang percetakan Bangka Pos Group Jalan K.H Abdurrahman Siddik, Kota Pangkalpinang, Senin (3/10) siang.

Siswa kelas VI Sekolah Dasar (SD) Negeri 1 Parittiga Jebus Bangka Barat tersebut langsung sigap menjawab ketika Manajer Liputan Bangka Pos Group Alza Munzi Hipni menanyakan terkait dunia jurnalistik.

"Apa itu berita," tanya Alza yang disambut antusias seluru peserta didik yang hadir.

"Berita adalah informasi," jawab bocah itu malu-malu.
Jawaban berani dari bocah cilik tersebut seketika diiringi riuh tepuk tangan seluruh peserta didik yang memadati ruangan itu sejak pagi.

Refan dan teman-temannya itu mengikuti kegiatan study tour ke media Bangka Pos Group. Kunjungan ini diikuti oleh 57 siswa beserta guru pendamping SDN 1 Parittiga.

Hadir dalam kegiatan tersebut Bagian Sirkulasi Arif dan Manajer Liputan Bangka Pos Group Alza Munzi Hipni.

Pada kesempatan itu Alza memaparkan dalam jurnalistik ada peran besar wartawan yang menghasilkan suatu produk jurnalistik yang berkualitas.

"Wartawan itu bekerja langsung di lapangan memantau isu-isu terkini yang menjadi topik hangat," ucap Alza yang diikuti raut penasaran siswa.

Oleh karena itu, wartawan harus selalu giat belajar, percaya diri dan berani tampil di depan banyak orang.

Seorang wartawan juga harus mengumpulkan fakta dan data akurat baik itu melalui wawancara maupun observasi. Mereka harus pandai dan jeli dalam melakukan tugas-tugas tersebut agar tidak ada informasi yang terlewat.

"Wartawan juga harus suka membaca dan mempelajari hal-hal baru," tandasnya.

Sementara itu Guru Pendamping SDN 1 Parittiga Eko Syaputra mengungkap, bahwa kegiatan ini bagian dari pembelajaran luar sekolah yang dipersiapkan agar peserta didik memperoleh hal baru dari kunjungan yang diiikutinya.

"Peserta didik kita harapkan tidak hanya belajar di sekolah saja, tapi juga di luar sana mereka dapat memperoleh ilmu pengetahuan yang tidak didapatkannya di sekolah," ucapnya.

Selain itu Eko melanjutkan kegiatan ini sebagai upaya menggiatkan minat literasi anak-anak sejak dini, sebab di usia mereka inilah pengetahuan mudah diserap.

"Bangka Pos sebagai media yang besar tentu sangat membantu sekali anak-anak kami di sini, dengan kualitas produk jurnalistiknya yang telah dihasilkan," paparnya.

Melalui kunjungan ini, Eko berharap para peserta didik dapat mengimplementasikan hasil yang telah didapatkan agar dipraktekkan dalam proses pembelajarannya di sekolah sehingga dapat bermanfaat bagi mereka ke depannya. (v2)

Sumber: Bangka Pos
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved