KIPP Bangka Belitung 2022, Pangkalpinang Optimistis PeDeKaTe Berkah Juara

PeDeKaTe Berkah merupakan akronim dari pengantin dapat KK, KTP-el, beserta akta perkawinan dan buku nikah.

Editor: suhendri
Bangka Pos/Cepi Marlianto
INOVASI PEDEKATE BERKAH - Ketua Tim Penilai KIPP Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Bustami Rahman, menyerahkan berkas administrasi kepada pasangan pengantin penerima manfaat inovasi PeDeKaTe Berkah di kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Pangkalpinang, Kamis (13/10/2022). 

PANGKALPINANG, BABEL NEWS - Pemerintah Kota Pangkalpinang optimistis inovasi PeDeKaTe Berkah menjadi juara dalam Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tahun 2022.

Saat ini, PeDeKaTe Berkah masuk 10 besar kompetisi tersebut, bahkan bercokol di peringkat pertama.

"Hari ini kita menerima tim penilai inovasi untuk tingkat provinsi karena kita sudah masuk dalam 10 besar. Mudah-mudahan dapat nomor satu, nanti bisa dikirim ke tingkat nasional," kata Pelaksana Harian (Plh) Wali Kota Pangkalpinang, Radmida Dawam, Kamis (13/10/2022).

PeDeKaTe Berkah merupakan akronim dari pengantin dapat KK, KTP-el, beserta akta perkawinan dan buku nikah.

Inovasi ini dihadirkan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pangkalpinang untuk mempermudah masyarakat, baik muslim maupun non-muslim, dalam memperoleh kartu keluarga (KK), kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el), akta perkawinan, dan buku nikah setelah menjalani pernikahan.

Bahkan, dokumen tersebut diantarkan langsung oleh petugas Disdukcapil kepada kedua mempelai setelah menjalani proses akad nikah.

"Jadi ketika selesai akad nikah, masyarakat tidak susah mengurusnya, semua berkas langsung selesai saat itu juga," kata Kepala Disdukcapil Kota Pangkalpinang, Darwin, Rabu (5/10/2022) lalu.

Dalam inovasi tersebut, lanjut dia, pasangan pengantin mendapatkan tujuh dokumen sekaligus dalam waktu bersamaan.

Ketujuh dokumen yang dimaksud adalah KTP-el pasangan suami istri, KK baru, KK kedua orang tua pasangan pengantin, buku nikah, dan akta nikah.

Verifikasi lapangan

Tim Penilai KIPP tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melakukan verifikasi lapangan terhadap inovasi PeDeKaTe Berkah, Kamis (13/10/2022).

Verifikasi lapangan merupakan salah satu tahapan penilaian KIPP setelah sebelumnya dilakukan presentasi dan wawancara di hadapan tim penilai.

"Jadi, peninjauan lapangan ini untuk meyakinkan kami, sebagaimana yang telah ditulis di dalam proposal. Jadi, antara proposal, hasil wawancara, dan keadaan di lapangan cocok atau tidak, itu yang kita lihat," tutur Ketua Tim Penilai KIPP tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Bustami Rahman, usai kegiatan.

"Seberapa jauh instansi tersebut memaparkan dalam wawancara kemarin apakah benar itu ada di lapangan," ujar Bustami.

Halaman
12
Sumber: Bangka Pos
  • Berita Populer

    Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved