Berita Kriminal

Dua Kali Aksi Pencurian di Wilkum Polsek Jebus, Tim Spider Bekuk Maling Kotak Amal

Tim Spider Polsek Jebus membekuk YY (27), saat tengah berada di kontrakannya di Dusun Bukit Lintang, Desa Puput, Kecamatan Parittiga, Bangka Barat.

Bangka Pos/Rizky Irianda Pahlevy
PELAKU PENCURIAN - Tim Spider Polsek Jebus saat membekuk YY (27), pelaku pencurian, saat tengah berada di kontrakannya di wilayah hukum Polsek Jebus, Senin (17/5) sekitar pukul 01.00 WIB. 

JEBUS, BABEL NEWS - Tim Spider Polsek Jebus membekuk YY (27), saat tengah berada di kontrakannya di Dusun Bukit Lintang, Desa Puput, Kecamatan Parittiga, Bangka Barat, Senin (17/5) sekitar pukul 01.00 WIB. Pria asal Martapura, Sumatera Selatan ini diamankan setelah diduga menjadi pelaku pencurian kotak amal milik Masjid Al Barokah di Kecamatan Parittiga, yang dititipkan di warung makanan pecel lele 77 di Desa Puput, Kecamatan Parittiga, Kamis (12/5).

Kapolsek Jebus, Kompol Ghalih Widyo Nugroho mengatakan, kejadian ini diketahui pemilik warung makan, Affandi saat hendak membuka warungnya sekitar pukul 05.30 WIB. "Pelaku ini kemudian melakukan aksi serupa, namun dengan lokasi yang berbeda. Kalau untuk lokasi kedua di Rumah Makan Ajo Uniang di Desa Puput juga sama seperti yang pertama, pemilik warung baru tahu hilang pada Minggu (15/5) sekitar pukul 05.00 WIB, saat hendak membuka warungnya," kata Ghalih, Selasa (17/5).

Menurutnya, pelaku diamankan setelah adanya informasi keberadaan pelaku di kontrakannya tersebut. "Tim langsung bergerak dan berhasil mengamankan pelaku yang sedang duduk di teras depan kontrakannya," jelasnya.

Atas kejadian ini, Pengurus Masjid Al Barokah mengalami kerugian hingga sekitar Rp2,5 juta. "Saat ini pelaku sudah diamankan di Polsek Jebus guna mempertanggungjawabkan perbuatannya," tegas Ghalih.

Pihaknya juga mengimbau, masyarakat untuk berhati-hati dan melapor jika menemukan ada tindak pidana di lingkungannya. "Mengenai kejadian kasus pencurian dua kotak amal Masjid Al Barokah kami mengimbau agar masyarakat lebih waspada terhadap situasi Kamtibmasnya, serta mengimbau agar segera melaporkan ketika terjadinya tindak pidana," ungkapnya.

Serahkan diri
Satuan Reskrim Polres Pangkalpinang juga mengamankan Agustini (29), warga Paritlalang Pangkalpinang, Senin (16/5). Wanita ini menyerahkan diri usai melakukan aksi pencurian kalung emas terhadap bayi berusia dua tahun di Pasar Jalan Irian Pangkalpinang, Kamis (12/5) sekitar pukul 09.00 WIB.

Kejadian ini diketahui setelah ibu korban YM (39), warga Desa Terak, Bangka Tengah, hendak membeli bawang merah di lokasi kejadian. "Awalnya saya mampir ke pasar bawa anak yang masih berusia dua tahun, biasanya anak saya ini tidak pernah ikut ke pasar, namun saat saya memilih bawang kata anak saya ada yang mengambil kalungnya sambil menunjuk ke arah pelaku, kemudian saya lihat kalung anak saya tidak ada lagi dan saya sempat bertanya kepada pelaku terkait kalung itu," jelas YM.

Menurutnya, saat itu pelaku, merespon atas pertanyaan yang dilontarkan dari YM. "Saya tidak pernah lihat kalung dan jangan sembarang tuduh nanti saya tuntut," ucap YM menirukan perkataan pelaku.

Ia menambahkan, pelaku juga sempat merogoh kantong celana sebelah kanannya sambil menunjukan tidak ada kalung seperti yang dituduhkan. "Tapi saat akan dilakukan pemeriksaan oleh dua orang perempuan pelaku malah kabur. Saya sempat berusaha mengejar dan ada beberapa orang warga yang berteriak jambret ketika pelaku kabur," tambahnya.

Kasat Reskrim Pangkalpinang, AKP M Adi Putra membenarkan adanya laporan ini. "Laporan sudah saya terima dan pelaku masih dilakukam pemeriksaan untuk proses hukum selanjutnya," kata Adi. (riz/mg1)

Sumber: Bangka Pos
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved