Berita Kabupaten Bangka

Bakal Diterapkan di Seluruh Kabupaten di Babel, Hidayat Arsani Tanam 30 Ha Cabai

Hidayat Arsani melakukan penanaman bibit cabai di kebun miliknya seluas 30 hektare di Jalan Rumbia RT 003 Pemali, Kabupaten Bangka, Selasa (23/8).

Bangka Pos
Air gula aren Hidayat Arsani 

PEMALI, BABEL NEWS - Mantan Wakil Gubernur Babel, Hidayat Arsani melakukan penanaman bibit cabai di kebun miliknya seluas 30 hektare di Jalan Rumbia RT 003 Pemali, Kabupaten Bangka, Selasa (23/8) sore. Kegiatan ini turut dihadiri Kapolda Babel, Irjen (Pol) Yan Sultra, Bupati Bangka, Mulkan, Anggota DPR RI Dapil Babel Bambang Pattijaya, Bupati Bangka Tengah Algafri Rahman, para pejabat dan Kepala OPD di lingkungan Pemkab Bangka, serta tamu undangan lainnya.

Hidayat Arsani mengatakan, penanaman cabai ini bertujuan menuju Babel swasembada cabai di masa yang akan datang. "Kebun cabai yang akan ditanam ini seluas 30 hektare dengan melibatkan masyarakat sekitar sebagai tenaga perkebunan," kata Dayat, sapaan akrabnya.

Menurutnya, kegiatan ini bisa membantu perekonomian rakyat Babel menuju masa depan sejahtera. "Cabai ini salah satu penyebab atau penyumbang tingginya angka inflasi di Babel, karena itu ke depan Insya Allah dalam waktu dua bulan ke depan penggarapan lahan ini selesai dilakukan, karena saya gunakan traktor dan alat berat lainnya supaya lebih cepat," ujar Dayat.

Dayat berkeinginan, swasemba cabai ini bisa ditanam di seluruh kabupaten. Untuk penanaman perdana memang baru dilaksanakan di Kabupaten Bangka, yang nantinya akan diikuti oleh setiap per kecamatan seluas 15 hektare, hingga total luas lahan 120 hektare.

"Sementara kita selama ini hanya bergantung dengan cabai dari luar daerah saja, padahal kalau kita tanam sendiri seperti ini kita bisa. Lahan kita punya, tinggal datangkan orang-orang dari luar untuk mengajari kita menanam cabai yang baik itu seperti apa," jelasnya.

Ia memprediksi cabai yang hari ini ditanam dapat panen raya bulan Desember 2022. "Kalau ini berhasil Insya Allah akan kita hadirkan di Kabupaten Bangka Selatan, terus diikuti daerah lain sampai ke Belitung Timur. Semoga saja ini bisa menjadi ladang ibadah untuk kami dan kita semua untuk masyarakat, mohon doanya dari seluruh stakeholder," tuturnya.

Apresiasi
Bupati Bangka, Mulkan sangat mendukung dan memberikan apresiasi atas apa yang dilakukan Hidayat Arsani ini. "Karena beliau ini banyak memiliki ide-ide cemerlang untuk membantu masyarakat di Babel ini, seperti beliau ini sebelumnya pengusaha pertimahan, lalu mengembangkan usaha tambak udang dan saat ini usaha pertanian tanaman cabai," kata Mulkan.

Diakuinya, tanaman cabai di Pulau Bangka ini memang agak sulit atau rewel, karena tidak terlepas dari serangan hama yang harus diwaspadai, seperti hama patek, daun keriting dan saat musim hujan sering ada serangan jamur dan lainnya. "Karena itu masyarakat kita sering gagal, sehingga enggan mengembangkan tanaman cabai ini," jelasnya.

Menurutnya, ke depan dengan gerakan usaha yang dilakukan Hidayat Arsani bisa dijadikan contoh bagi masyarakat yang ada di Kabupaten Bangka. "Semoga apa yang beliau cita-citakan dan harapkan dengan terobosan ini bisa berhasil dan berkembang maju, sehingga Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bisa swasembada cabai ke depannya," harap Mulkan.

Menurutnya, kebutuhan cabai di Kabupaten Bangka memang cukup banyak. Petani cabai sendiri juga bisa dikatakan banyak, namun tak jarang kebun cabai justru diserang oleh hama sehingga para petani enggan kembali menanam. "Kita juga akan kerja sama pola kemitraan dengan masyarakat, karena keterbatasan lahan-lahan kita. Kalau mau jual lahan sekarang sulit, sehingga dengan pola kemitraan yang akan kita lakukan, sehingga kelangkaan dan harga cabai ini bisa kita atasi bersama," tuturnya. (edw/t2)

Sumber: Bangka Pos
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved