Berita Bangka Tengah

Jelang Pengisian Kursi Wakil Bupati Bangka Tengah, Cawabup Harus Direkomendasi DPP

Ketua Tim Koalisi PAW Wabup Bateng, Suwarno mengungkapkan, partai-partai yang tergabung dalam koalisi 'Beriman' baru saja menggelar pertemuan kembali.

Bangka Pos/Arya Bima Mahendra
Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman. 

KOBA, BABEL NEWS - Kursi Wakil Bupati Bangka Tengah yang telah kosong sejak beberapa bulan lalu, sampai sekarang belum kunjung terisi. Usai ditinggal Herry Erfian yang memilih maju menjadi Pengganti Antar Waktu (PAW) di DPD RI, jabatan orang nomor dua di Bangka Tengah itu menjadi incaran banyak pihak.

Beberapa nama telah berseliweran selama ini, bahkan sejumlah partai ada yang mengusung lebih dari dua nama bakal calon (Balon). Diketahui, dalam beberapa kesempatan, tujuh partai pemenangan Algafry Rahman-Herry Erfian telah menggelar pertemuan untuk membahas posisi Wabup Bateng yang saat ini kosong. Adapun tujuh partai yang tergabung dalam koalisi 'Beriman' tersebut adalah Golkar, Nasdem, Gerindra, PAN, PKB, PKS dan PPP.

Ketua Tim Koalisi PAW Wabup Bateng, Suwarno mengungkapkan, partai-partai yang tergabung dalam koalisi 'Beriman' baru saja menggelar pertemuan kembali pada 31 Agustus 2022. "Saat itu PKB tidak hadir, sedangkan partai-partai lain hadir semua walaupun ada yang dihadiri Ketua DPC (Dewan Pimpinan Cabang) ataupun Sekretaris DPC-nya," ucap Suwarno, Sabtu (3/9).

Menurutnya, dari pertemuan tersebut, disepakatilah beberapa ketentuan dan persyaratan yang harus dimiliki oleh bakal calon (Balon) Wabup Bateng. Salah satunya, balon yang diusulkan harus mendapatkan rekomendasi dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) masing-masing partai koalisi. "Selain itu, setiap partai juga hanya boleh mengusulkan satu nama balon saja," jelasnya.

Sedangkan bagi partai-partai yang sudah terlanjur mengusulkan lebih dari satu nama balon, Sumarno berujar, yang akan diambil hanya salah satunya. "Dan sekali lagi saya sampaikan bahwa balon yang diusung itu harus punya rekomendasi dari DPP-nya masing-masing," tegasnya.

Lebih lanjut, balon yang diusulkan juga boleh berasal dari kader masing-masing partai maupun non-kader, termasuk birokrat di pemerintahan. Kemudian, pihaknya juga menargetkan agar tiga pekan dari pertemuan tersebut, tujuh partai koalisi segera menyiapkan satu orang balon yang dimaksud.

"Kita kasih waktu selama tiga minggu kepada masing-masing partai untuk menentukan satu orang nama yang sudah mendapatkan rekomendasi dari DPP-nya," ujar Suwarno.

Diakuinya, sampai saat ini belum ada satupun partai yang memberikan nama balon Wabup Bateng. Dan jika memang dalam rentan waktu tersebut semua partai belum mempunyai nama (balon-red), maka pihaknya akan memberikan waktu tambahan selama satu minggu.

"Kami ingin proses ini berlangsung sesegera mungkin. Jadi kalau sudah ada nama-namanya, akan segera kami godok dan pilih dua orang untuk diserahkan ke Bupati Bangka Tengah," jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman mengaku telah bertemu dan berunding dengan pimpinan tujuh partai politik koalisi Beriman. Dalam pertemuan tersebut, Algafry menekankan kepada tujuh partai tersebut untuk menyukseskan pemilihan Wakil Bupati Bangka Tengah pengganti Herry Erfian.

Dirinya meminta agar tujuh partai pengusung tersebut duduk bersama dan menentukan dua nama untuk diserahkan ke dirinya dan kemudian diserahkan ke DPRD untuk dipilih salah satunya. "Mari kita bersama-sama kompak dan baik-baik untuk memilih nama Wabup berikutnya," kata Algafry, Jumat (19/8).

Algafry mengaku, beberapa kali dihubungi oleh orang-orang yang mengincar posisi kursi orang nomor dua di Bangka Tengah itu. Namun dia menegaskan hal itu harus melalui persetujuan dari tujuh parpol pengusung.

Meski demikian, dirinya memberikan rambu-rambu kepada tujuh parpol tersebut agar memilih cawabup yang benar-benar memiliki basic (dasar-red) dan pengalaman yang bagus dalam pemerintahan. "Jangan orang yang sembarangan, tapi harus orang yang mampu dan mumpuni," ungkapnya.

Lanjut dia, saat ini ketujuh parpol pengusung tersebut telah membentuk tim kordinator dalam proses pemilihan cawabup Bangka Tengah. (u2)

Sumber: Bangka Pos
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved