Kabar Belitung Timur

Penambang Tuntut WPR dan CPCL

Para penambang timah mengatasnamakan Aliansi Masyarakat Penambang melakukan aksi demo, Senin (19/9) di halaman Kantor Bupati Belitung Timur.

Editor: Rusaidah
Bangka Pos/Vine Febriani
Para penambang timah mengatasnamakan Aliansi Masyarakat Penambang melakukan aksi demo. 

MANGGAR, BABEL NEWS - Para penambang timah mengatasnamakan Aliansi Masyarakat Penambang melakukan aksi demo, Senin (19/9) di halaman Kantor Bupati Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Di tengah hujan deras mereka menyampaikan aspirasi terkait permasalahan yang dihadapi masyarakat khususnya penambang.
Mereka menuntut kejelasan masalah Wilayah Pertambangan Rakyat (WPR) dan Calon Petani dan Calon Lokasi (CPCL) perkebunan plasma kelapa sawit.

Mereka meminta keputusan langsung dari Bupati Belitung Timur perihal WPR dan CPCL.

Demo yang dilakukan oleh para penambang ini merupakan aksi gabungan penambang dari lima kecamatan, yang memiliki korlapnya masing-masing.

Diantaranya dari Kecamatan Gantung 1 diketuai oleh Dadang, Kecamatan Gantung 2 Tommy, Kecamatan Manggar A Minur, Kecamatan Damar Atak dan yang terakhir Kecamatan Dendang diketuai oleh Jum.

Lima orang korlap inilah yang merupakan penanggung jawab penuh keamanan dan ketertiban aksi massa yang mereka bawa.
Korlap dari Kecamatan Gantung 1 Dadang berharap bupati dapat menyampaikan keputusannya langsung kepada mereka terkait hal ini, supaya jelas dan penambang tidak khawatir dalam mencari nafkah.

"Kami sudah menunggu selama 10 hari sesuai dengan janji bupati, tapi sampai saat ini pemerintah masih saja diam dan belum ada keputusan apa-apa," ungkap Dadang kepada Bangka Pos Group, Senin (19/9).

Unjuk rasa ini bertujuan untuk mendesak Gubernur Kepulauan Bangka Belitung untuk segera menetapkan WPR di Kabupaten Belitung Timur.

Pihaknya, meminta solusi terkait lokasi yang dapat ditambang sambil menunggu WPR ditetapkan dan meminta stabilitas harga biji timah yang wajar.

Tidak hanya itu, mereka juga meminta suplai BBM yang aman dan lancar guna mendukung kegiatan operasional penambang rakyat dan meminta komitmen penuh pemerintah untuk mendukung pertambangan rakyat sehingga rakyat dapat menambang dengan aman dan tenang.

Halaman
123
Sumber: Bangka Pos
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved