Kabar Bangka Barat

26 Tahun Berjualan, Robeha Tak Dapat Lapak di Pasar Parittiga

Robeha terlihat duduk termenung di depan meja Pasar Parittiga, Kecamatan Parittiga, Kabupaten Bangka Barat, Jumat (2/12) pagi.

Editor: Rusaidah
Bangka Pos/Yuranda
Wakil Bupati Bangka Barat Bong Ming Ming saat meninjau Pasar Parittiga. 

PARITTIGA, BABEL NEWS - Robeha terlihat duduk termenung di depan meja Pasar Parittiga, Kecamatan Parittiga, Kabupaten Bangka Barat, Jumat (2/12) pagi.

Di belakang perempuan berusia 70 tahun tampak meja pedagang yang kosong. Biasanya, meja pedagang tersebut diisi penjual ikan. Aktivitas di pasar saat itu pun lumayan ramai.

Ada beberapa pedagang yang melayani pembeli di lapak mereka masing-masing. Robeha rupanya hanya menumpang meja pedagang lain untuk berjualan di sana. Saat lapak itu kosong dia yang mengisinya.

"Ketika kosong saya yang isi di meja ini. Kalau ada pedagang yang punya. Saya kembali ke meja kayu di pinggir pasar ini," kata Robeha saat dijumpai di Pasar Parittiga, Jumat (2/12).

Warga Jebus ini menjadi pedagang di Pasar Parittiga sudah 26 tahun lamanya. Mulanya nenek Robeha berjualan sayur. Seiring berjalannya waktu tepatnya pada tahun 2013, barulah menjual ikan.

"Sudah lama berjualan di sini, sejak 1996. Pertama berjualan sayur, sudah tiga kali pindah sampai saat ini. Di tahun 2013 baru berjualan ikan," kata dia.

Dirinya merasa bersyukur, meja pedagang yang ditumpanginya tidak meminta sewa. Ingin rasanya Robeha memiliki lapaknya sendiri yang sama dengan pedagang lainnya.

Oleh karena itu, ia berharap Pemerintah Kabupaten Bangka Barat bisa memberikannya meja untuk berjualan.

"Alhamdulillah pemiliknya tidak minta sewa. Di sini juga meja kayu tidak ada sewanya. Harapannya mau meja biar enak berjualan, sewa pun tak apa-apa," ucapnya.

Pemerintah Kabupaten Bangka Barat bakal mengubah Pasar Parittiga Kecamatan Parittiga, menjadi pasar modern.

Pasar yang terlihat kumuh dan becek ini akan ditata ulang oleh pemerintah setempat. Hal Itu dilakukan agar para pembeli bisa berbelanja dengan nyaman.

Wakil Bupati Bangka Barat Bong Ming Ming didampingi Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perindustrian (DKUP) Bangka Barat Aidi saat meninjau Pasar Parittiga yang bakal ditata ulang.

Kata Bong Ming Ming, pasar ini harus diperbaharui. Pemkab Babar sudah membuat master plan dan Detail Engineering Design (DED) untuk perbaikan tersebut.

"Kita intervensi dengan Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk jangka panjangnya dan untuk diperbaiki di jangka pendeknya akan diperbaiki titik seperti wc, musala, penataan pedagang dan saluran air sehingga hujan tidak becek," ujar Bong Ming Ming.
Selain itu, ia juga akan menata ulang pedagang di Pasar Parittiga ini. Penataan itu akan dikerjakan mulai bulan Desember dan hingga beberapa bulan kedepan.

Halaman
12
Sumber: Bangka Pos
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved