Breaking News:

Flu Afrika Mewabah di Sungailiat Bangka, Ribuan Babi Mati Tinggal 670 Indukan, Apakah Akan Menular?

Flu Afrika Mewabah di Sungailiat Bangka, Ribuan Babi Mati Tinggal 670 Indukan, Apakah Akan Menular?

Editor: Teddy Malaka
Tribun Bali/ I Made Ardhiangga
Ilustrasi Babi 

BABELNEWS.ID. BANGKA  -- Flu Afrika mewabah di Sungailiat. RIbuan hewan ternak babi mati mendadak dan tinggal 670 indukan.

Peternak babi mandiri di wilayah Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengeluh sejak beberapa minggu terakhir sejumlah hewan ternak peliharaannya mati.

Gejala yang terjadi pada babi ini diawali dengan keluhan mata merah dan tidak nafsu makan pada hewan ternak, setelah itu mati.

Keluhan ini ramai disampaikan para peternak melalui media sosial karena sebelumnya belum pernah mengalami kejadian ini.

"Hewan ternak babi peliharaan saya sudah mati 15 ekor dengan gejala awal mata menjadi merah lalu tidak mau makan dan akhirnya mati," kata seorang peternak di Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka, Jumat (12/03/2021) lalu.

Menurutnya hewan ternak miliknya yang mati selanjutnya dikuburkan ke dalam tanah, karena penyakit ini kelihatan mudah menular kepada hewan ternak lain yang masih sehat.

Kejadian ini selain dialami peternak Babi di Kecamatan Sungailiat, juga terjadi di Kecamatan Merawang, Belinyu dan Kecamatan Riau Silip Kabupaten Bangka.

Menanggapi hal ini Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Bangka, Elius Gani membenarkan adanya laporan para peternak babi yang mengalami kematian terhadap ternaknya.

"Kejadian ini sudah dilaporkan ke Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan kemarin juga ada tim dari Dinpanpertan Bangka dan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung serta surveilans dari Balai Verteliner Lampung turun ke lapangan mengambil sampel darah dan organ tubuh babi yang mati di Desa Rebo, Merawang dan Deniang," kata Elius Gani.

Ditambahkan dari hasil identifikasi sementara ini diduga babi tersebut mati karena terserang penyakit Wabah African Swine Fever (ASF) atau Flu Babi Afrika

Halaman
1234
Sumber: Bangka Pos
Berita Populer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved