Breaking News:

Kesehatan

RS KIM Deteksi Awal Diabetes Melitus

Dokter Spesialis Penyakit Dalam RS KIM dr Desy Hariyanti mengungkapkan, penyakit Diabetes Melitus ini bisa terjadi pada siapapun.

Editor: Rusaidah
Bangka Pos/Sela Agustika
Dokter Spesialis Penyakit Dalam dr Desy Hariyanti berbincang saat Fit Talk, Rabu (9/2). 

PANGKALPINANG, BABEL NEWS - Diabetes Melitus (DM) merupakan suatu penyakit atau gangguan metabolisme kronis yang disebabkan karena insulin dalam tubuh tidak bisa mengubah gula darah yang dimakan menjadi energi.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam RS KIM dr Desy Hariyanti mengungkapkan, penyakit Diabetes Melitus ini bisa terjadi pada siapapun, baik muda ataupun orang tua.

Ia mengatakan, penyakit Diabetes Melitus ini bisa terjadi karena beberapa faktor, mulai dari keturunan hingga pola hidup yang tidak sehat.

"Rata-rata orang yang obesitas lebih berisiko terkena diabetes, namun tidak menutup kemungkinan untuk orang yang kurus karena faktor keturunan dan pola hidup yang tidak sehat," ujar dr Desy saat Fit Talk bersama Bangka Pos Group, Rabu (9/2).

Untuk mendeteksi gejala Diabetes Melitus, ia menyarankan untuk segera melakukan pemeriksaan.

"Gejala yang dialami penderita diabetes ini tentunya harus dilakukan pemeriksaan mulai dari gejala yang dirasakan, hingga pengecekan gula darah. Adapun beberapa gejala umum bisa deteksi seperti pola makan dan minum yang banyak tidak sesuai porsi, luka yang tidak sembuh, dan lainnya," jelas dr Desy.

"Untuk tipe sendiri memang ada dua, yakni diabetes tipe satu terjadi pada usia dini dibawah 20 tahun karena bawaan autoimun atau genetik, dan tipe dua ini sama dengan tipe satu karena pola hidup dan sebagainya," tambahnya.

Ia mengungkapkan seseorang dikatakan diabetes jika pengecekan saat puasa kadar gula darah diatas 125 positif dan dua jam setelah puasa berada di angka 200.

Lanjutnya, ia menyarankan para penderita diabetes untuk membatasi konsumsi karbohidrat yag berlebihan, gula dan lemak jahat yang berbahaya bagi kesehatan.

Nah bagi Anda yang ingin mengecek kesehatan gula darah dan lainnya bisa datang langsung ke Rumah Sakit Kalbu Intan Medika (RS KIM) setiap hari kerja dengan jadwal praktek pukul 15.00 WIB sampai pukul 17.00 WIB. (t3)

Sumber: Bangka Pos
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved