Kesehatan

Berpuasa Mendetoksifikasi Kinerja Organ

Puasa Ramadan dijalankan oleh seluruh umat Islam. Selain memperoleh pahala, puasa juga memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh.

Editor: Rusaidah
Istimewa/dr Riza Jayanti
Dokter Umum KKP Pangkalpinang, dr Riza Jayanti. 

PANGKALPINANG, BABEL NEWS - Puasa Ramadan dijalankan oleh seluruh umat Islam. Selain memperoleh pahala, puasa juga memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh.

Dokter Umum Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Pangkalpinang, dr Riza Jayanti memberikan tips agar puasa kuat pada awal bulan Ramadan ini.

"Puasa ini mengembalikan kinerja organ secara normal dengan detoksifikasi setelah 30 hari sehingga kondisi tubuh jadi lebih sehat," ujar dr Riza, Minggu (3/4).

Dia membeberkan manfaat berpuasa bisa mengendalikan kolesterol buruk, mengurangi nafsu makan, detoks sebulan penuh dan meningkatkan mood serta mental.

"Puasa ini juga bisa menjadi cara untuk refresh otak, meningkatkan perkembangan dan pertumbuhan sel-sel baru dalam tubuh. Dengan demikian, respon otak akan semakin tajam.

Puasa dapat membuat otak lebih tahan terhadap stres, mampu beradaptasi dengan perubahan, meningkatkan mood, ingatan serta kemampuan belajar," jelas dr Riza.

Namun dia mengingatkan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan pada awal berpuasa, sebab masih dalam proses adaptasi.

"Saat berpuasa, kita tidak boleh lupa bahwa asupan tubuh harus diperhatikan, kita harus memperbanyak konsumsi cairan dan makanan berserat saat sahur dan berbuka puasa. Selain itu saat berbuka puasa, harus bijak memilih makanan, kita biasa cenderung banyak ingin saat berbuka, maka cerdaslah memilih agar tubuh tetap sehat dan puasa lancar," katanya.

Dia menambahkan jangan menunda waktu sahur dan berbuka puasa, adapun lima tips agar puasa lancar dan tubuh tetap sehat meliputi

1. Jangan lupa istirahat dan tidur yang cukup, tentu ini sangat mempengaruhi aktivitas sehari-hari, dan bila kurang tidur tentu akan berakibat kepada kondisi tubuh yang bisa saja menjadi kurang fit.

2. Mengatur hidrasi cairan, asupan cairan Anda dengan mengonsumsi setidaknya 1-2 gelas sekaligus antara buka puasa dan sahur. Kurangi minuman berkafein di malam hari, dan menambah asupan cairan Anda dengan sup, buah-buahan dan sayuran yang kaya air, seperti mentimun dan semangka.

3. Makan makanan sehat dan bergizi, tentu ini penting menjadi perhatian, cukupi asupan karbohidrat, protein, vitamin dan mineral untuk tubuh.

4. Lebih banyak untuk melakukan kegiatan pada pagi hari sebagai cadangan energi.

5. Jangan lupa berolahraga. (s2)

 

Sumber: Bangka Pos
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved