Kabar Pangkalpinang

Pindah Faskes BPJS Kesehatan Lebih Mudah

Informasi terkait pindah Faskes BPJS Kesehatan ini bisa dilakukan secara online.

Editor: Rusaidah
Istimewa/Dok. BPJS Kesehatan
Pelayanan BPJS Kesehatan dengan menggunakan Mobile JKN yang diunduh melalui Playstore. 

PANGKALPINANG, BABEL NEWS - Bagi Anda yang ingin melakukan perubahan fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) BPJS Kesehatan, informasi terkait pindah Faskes BPJS Kesehatan ini bisa dilakukan secara online.

Sekarang lewat genggaman smartphone, Anda bisa mendapatkan berbagai pelayanan BPJS Kesehatan dengan menggunakan Mobile JKN yang diunduh melalui Playstore semakin mudah dan praktis.

BPJS Kesehatan merupakan lembaga yang menyelenggarakan program jaminan kesehatan nasional (JKN) bagi masyarakat Indonesia.

Tentu, terdapat fasilitas kesehatan (faskes) yang menjadi mitra BPJS Kesehatan dalam memberikan layanan kesehatan bagi peserta yang dapat disesuaikan dengan pilihan.

Faskes mitra BPJS Kesehatan terdiri dari Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dan Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL).

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Pangkalpinang, dr Rudy Widjajadi menyampaikan, perubahan FKTP dapat dilakukan paling cepat 3 bulan sejak peserta terdaftar di FKTP sebelumnya dan mulai berlaku pada tanggal 1 pada bulan berikutnya.

"Apabila peserta JKN ingin melakukan perubahan FKTP sebelum terdaftar tiga bulan di FKTP sebelumnya dikarenakan pindah domisili atau pindah tugas, maka bisa melakukan perubahan faskes secara online melalui Pnadawa dengan melampirkan surat keterangan domisili atau surat tugas," sebut Rudy.

"Aplikasi Mobile JKN menghadirkan banyak kemudahan untuk masyarakat, salah satunya berupa antrean online. Bagi peserta JKN yang dirujuk oleh Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) ke Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) dapat melakukan pengambilan nomor antrean online dari rumah sehingga mempermudah peserta JKN dalam mengakses layanan kesehatan," jelasnya.

Selain antrean online kata Rudy, kemudahan digitalisasi layanan lainnya yaitu peserta JKN dapat mengakses ketersediaan tempat tidur secara realtime dan mengakses jadwal tindakan operasi dengan mudah melalui aplikasi Mobile JKN.

"Mobile JKN dihadirkan BPJS Kesehatan kepada masyarakat sehingga lewat genggaman pelayanan bisa dilakukan dimana saja, kapan saja dengan tujuan untuk mempermudah layanan yang kami berikan agar semakin optimal," tambahnya. (t2)


Cara Perubahan Faskes Melalui Mobile JKN
* Unduh dan buka aplikasi Mobile JKN
* Pilih menu 'Masuk/Daftar' yang terdapat di bagian kiri atas layar
* Klik 'Masuk'
* Lalu masukkan data yang diminta dengan benar dan klik tombol 'Verifikasi Data' dan 'Registrasi'
* Nomor aktivasi akan dikirimkan melalui SMS. Jika proses aktivasi akun berhasil, Anda tinggal login untuk mengakses fitur-fitur yang terdapat di Mobile JKN
* Setelah login dan masuk ke halaman utama, pilih 'Ubah Data Peserta'
* Pilih nama peserta yang akan pindah Faskes BPJS
* Klik pada menu Fasilitas Kesehatan tingkat I, pilih data Faskes pengganti yang diinginkan
* Tunggu hingga muncul notifikasi bahwa data Anda sudah berhasil diubah.

Sumber: Bangka Pos
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved