Penumpang Pasrah Harga Tiket Kapal Naik

Tarif penyeberangan lintas antarprovinsi mengalami kenaikan. Tarif baru yang disesuaikan dengan kenaikan harga BBM itu diterap mulai 1 Oktober 2022

Editor: suhendri
Bangka Pos/Yuranda
MENUJU KAPAL PENYEBERANGAN - Mobil dan penumpang hendak naik feri di Pelabuhan Tanjung Kalian, Muntok, Bangka Barat, Bangka Belitung, untuk menyeberang ke Pelabuhan Tanjung Api-api, Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan, Senin (26/9/2022). Tarif penyeberangan lintas antarprovinsi mengalami kenaikan. Tarif baru yang disesuaikan dengan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) tersebut diterapkan mulai 1 Oktober 2022. 

MUNTOK, BABEL NEWS - Tarif penyeberangan lintas antarprovinsi mengalami kenaikan. Tarif baru yang disesuaikan dengan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) tersebut diterapkan mulai 1 Oktober 2022.

Salah satu penyeberangan yang mengalami kenaikan tarif adalah penyeberangan Pelabuhan Tanjung Kalian, Muntok, Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung-Pelabuhan Tanjung Api-api, Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan.

Yuni (34), penumpang kapal di Pelabuhan Tanjung Kalian, mengaku telah mendapatkan informasi terkait kenaikan harga tiket kapal penyeberangan tersebut.

"Sudah tahu ada kenaikan dari baliho di depan pelabuhan," katanya, Sabtu (1/10/2022).

"Kalau ada kenaikan, ya gimana, kita ikut saja, yang terpenting tiket ada, terus bisa menyeberang itu yang penting dahulu," lanjut Yuni.

General Manager PT Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (ASDP) Pelabuhan Tanjung Kalian, Christopher Samosir, mengatakan, kenaikan tarif itu telah diatur dalam Keputusan Menteri Perhubungan RI KM 184/2022 tentang Perubahan Atas Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KM 172/2022 tentang Tarif Penyelenggaraan Angkutan Penyeberangan Kelas Ekonomi Lintas Antarprovinsi dan Lintas Antarnegara.

"Tepat hari ini (Sabtu, 1/10--red), ada kenaikan tarif tiket rata-rata sebesar 9,5 persen dengan rute Pelabuhan Tanjung Kalian ke Pelabuhan Tanjung Api-api. Kenaikan terjadi pada tarif penumpang dewasa maupun kendaraan," kata Christopher.

Selain Pelabuhan Tanjung Kalian-Tanjung Api-api, lanjut dia, ada 52 lintasan lainnya yang juga mengalami penyesuaian tarif penyeberangan.

"Adanya kenaikan ini sudah kami sosialisasi sejak tanggal 29 September 2022 kemarin, " ucapnya.

Christopher menyebut kenaikan tarif penyeberangan tersebut menyesuaikan dengan meningkatnya biaya operasional menyusul kenaikan harga BBM.

"Indikasi adanya kenaikan biaya produksi, terutama di bahan bakar. Setelah melakukan diskusi dengan asosiasi, pihak penyeberangan, dan Kemenhub, bahwa keputusan menteri 184/2022 merupakan hasil akhir terjadi penyesuaian tarif," tuturnya.

Rata-rata naik 11 persen

Melansir Kompas.com, harga BBM memicu kenaikan harga tiket penyeberangan kapal ASDP Indonesia hingga 11 persen.

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin mengatakan, kenaikan harga BBM sangat berdampak terhadap layanan penyeberangan kapal.

Halaman
12
Sumber: Bangka Pos
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved