Kabar Bangka

MGBK Gelar Integrated Career Day di Kampus Polman

Musyawarah Guru Bimbingan Konseling (MGBK) Bangka Belitung akan melaksanakan kegiatan Integrated Career Day.

Editor: Rusaidah
Istimewa/Dok. Polman Negeri Babel
Kegiatan Integrated Career Day akan digelar di Bangka Belitung. 

SUNGAILIAT, BABEL NEWS - Musyawarah Guru Bimbingan Konseling (MGBK) Bangka Belitung akan melaksanakan kegiatan Integrated Career Day di Kampus Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung dan SMAN 1 Manggar Belitung Timur pada pertengahan Oktober 2022.

Kegiatan yang bertajuk Integrated Career Day MGBK Babel 2022 merupakan salah satu kegiatan pembekalan kepada siswa-siswi SMA, SMK, MA atau sederajat untuk mendapat gambaran dan panduan memasuki dunia pendidikan di perguruan tinggi dan perencanaan karir kedepannya. Hal ini disampaikan langsung oleh Ketua MGBK Bangka Belitung periode 2022 - 2026, Windy Garini.

Selain itu, memberi bekal kepada siswa agar mampu menghadapi tantangan kedepan dengan mempersiapkan kompetensi yang dimiliki sehingga sanggup menghadapi dinamika pendidikan di perguruan tinggi, lalu belajar dengan penuh prestasi dan tanggung jawab serta merencanakan karir secara matang dan mantap.

Windy mengatakan dari data hasil penelitian Youthmanual terhadap 400 ribu lebih responden mencuatkan fakta menarik, 92 persen siswa SMA/SMK sederajat bingung dan tidak tahu akan menjadi apa kedepannya dan 45 persen mahasiswa merasa salah mengambil jurusan.

Makanya, peran sekolah menjadi sangat penting dalam membantu siswa menemukan minat dan bakat serta lebih jauh lagi mempersiapkan karir untuk masa depan sedini mungkin.

"Career Day ditujukan agar siswa-siswi memiliki persiapan yang mantap dalam memasuki, menjalani dan mengembangkan kompetensi di dunia pendidikan dan perencaan karir nanti," ujar Windy, Senin (3/10).

Windy juga menjelaskan Integrated Career Day MGBK Babel 2022 akan dilaksanakan selama dua hari di Pulau Bangka dan dua hari di Pulau Belitung dengan jadwal agenda 21 - 22 Oktober 2022 yang berlangsung di Kampus Polman Negeri Babel dan 24 - 25 Oktober 2022 akan dilaksanakan di SMAN 1 Manggar Belitung Timur.

Seperti apa rangkaian kegiatan Career Day MGBK, Windy mengatakan kegiatan tersebut berupa Expo Kampus, Sospro Kampus, Talkshow Career siswa, Talkshow Orang Tua, Mini Workshop wiraswasta kreatif dan test beasiswa perintis.

"Expo kampus dan sosialisasi promosi atau sospro kampus akan di isi oleh berbagai kampus yang akan ikut dalam kegiatan ini, banyak kampus luar daerah Babel yang ikut bahkan direncanakan juga dari kampus luar negeri yaitu Malaysia," ujarnya.

Guna meningkatkan wawasan para siswa dalam meniti karir disediakan berbagai talkshow yang bertajuk siap kuliah, siap kerja, siap wirausaha dan bahkan talkshow untuk orang tua agar para orang mengetahui rencana yang terbaik untuk buah hati setelah lulus sekolah nantinya.

Sementara itu, Direktur Polman Negeri Babel I Made Andik Setiawan menyambut baik kegiatan Integrated Career Day MGBK Babel 2022, melalui kegiatan ini dapat memperkenalkan para pelajar untuk memberikan gambaran langkah selanjutnya setelah lulus sekolah.

"Terima kasih kepada MGBK yang telah menunjukkan Polman Negeri Babel menjadi tuan rumah kegiatan Career Day, semoga nanti kegiatan berjalan dan lancar," ujar Made.

"Pihak Polman Negeri Babel mendukung penuh kegiatan ini, dan kami juga berharap banyak perguruan tinggi lain yang akan berpartisipasi dalam memeriahkan expo dan sospro nanti," tambahnya.

Selain itu, Ia menambahkan Polman Negeri Babel juga mempunyai agenda tahunan dalam memeriahkan Dies Natalis Polman Negeri Babel ke 28 pada minggu tersebut mulai tanggal 17 Oktober 2022. Di antara rangkaian kegiatan Dies Natalis itu perlombaan student E, pusat karir, dan orasi ilmiah serta kegiatan lainnya yang dilaksanakan pada puncak Dies Natalis yang bertepatan tanggal 18 Oktober 2022. (*/t2)

Sumber: Bangka Pos
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved