Pengumuman Kelulusan Tamtama Polri Gelombang I Polda Babel, Anak Petani Raih Nilai Tertinggi

Andhika lahir dari keluarga petani. Ia juga pernah merasakan kegagalan ikut tes polisi hingga tiga kali sebelum akhirnya berhasil.

Editor: suhendri
Bangka Pos/Riki Pratama
ANAK PETANI LULUS TAMTAMA POLRI - Andhika Dwi Tanto menjadi lulusan dengan nilai tertinggi dalam penerimaan Tamtama Polri Gelombang I Polda Babel tahun anggaran 2023, Rabu (23/11/2022). Andhika lahir dari keluarga petani. 

PANGKALPINANG, BABEL NEWS - Andhika Dwi Tanto (21) sontak berdiri tegap dari kursinya dan berkata 'siap' saat namanya disebutkan pertama kali dalam pengumuman sidang kelulusan akhir tingkat panda penerimaan Tamtama Polri Gelombang I Polda Kepulauan Bangka Belitung tahun anggaran 2023. Pengumuman berlangsung di Gedung Tribrata Polda Babel, Rabu (23/11/2022).

Andhika merupakan lulusan dengan nilai tertinggi dari 29 peserta yang lulus penerimaan Tamtama Polri Gelombang I Polda Babel tahun anggaran 2023. Pria asal Desa Riding Panjang, Kecamatan Merawang, Kabupaten Bangka itu meraih nilai 70,33.

Andhika lahir dari keluarga petani. Ia juga pernah merasakan kegagalan ikut tes polisi hingga tiga kali sebelum akhirnya berhasil.

"Saya ada perasaan senang, bangga, karena sudah tiga kali tes dan akhirnya berhasil. Tentu keinginan menjadi polisi sudah keinginan saya sejak kecil. Ini berkat doa dan dukungan orang terdekat yang terus mendorong, memotivasi saya agar dapat menjadi sukses," kata Andhika kepada Bangka Pos di kantor Polda Babel, Rabu (23/11/2022).

Dia menyebutkan, untuk dapat berhasil dalam penerimaan Tamtama Polri, dirinya telah berlatih keras. "Saya berusaha terus untuk latihan di rumah, joging sore hari untuk menjaga fisik," ujarnya.

"Saya juga termotivasi belajar dari kegagalan. Saya tidak mau putus asa ketika gagal. Tetapi berusaha terus, dari latihan fisik, belajar soal akademik sehingga dapat berhasil," lanjut alumnus SMAN 1 Merawang itu.

Kepala Biro Sumber Daya Manusia (SDM) Polda Babel, Kombes Pol Philemon Ginting, mengucapkan selamat kepada para peserta yang lulus.

Peserta yang mengikuti seleksi penerimaan Tamtama Polri Gelombang I di Polda Babel berjumlah 179 orang dan diterima hanya 29 orang.

"Kami prinsipnya online, satu hari selesai dan umumkan. Dari jumlah 179 orang, hari ini diumumkan sebanyak 29 orang ini calon Tamtama Polri dinyatakan lulus, 27 di Brimob dan 2 Polair," kata Ginting.

Mereka yang dinyatakan lulus selanjutnya melakukan persiapan pendidikan yang nantinya terpusat di Jakarta untuk Polair, dan Jawa Timur untuk Brimob. "Lulus Tamtama ini berbeda sedikit dengan Bintara mengenai persentase, tetapi untuk materi ujian sama persis," ujar Ginting.

"Persentase Bintara 30 persen, dan Tamtama 40 persen sehingga nilai jasmani memengaruhi untuk perangkingan. Kalau melihat secara kompetitif, mereka bagus, rata-rata sudah pengalaman lebih dari satu kali daftar, bahkan ada sampai tiga, empat kali. Bukan jadi polisi dan TNI saja, sudah daftar sekolah kedinasan," tuturnya. (*)

Nilai Tertinggi Penerimaan Tamtama Polri Gelombang I Polda Babel
* Brimob
1. Andika Dwi Tanto: 70,33
2. Yoga Alamsyah: 67,74
3. Sheza Al Zikri: 67,41
4. Raihan Aldika Pratista: 66,96
5. Mardiansyah: 66,82
* Polair
1. Samudra: 63,06
2. Adam Kordiansyah: 62,59
----------------------------------

Sumber: Bangka Pos
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved