Kabar Pangkalpinang

Galeri Investasi Wadah Memperkenalkan Pasar Modal Sejak Dini

Sejak tahun 2000, PT Bursa Efek Indonesia (BEI) telah bekerja sama dengan perguruan tinggi dan perusahaan sekuritas untuk menempatkan Galeri Investasi

Editor: Rusaidah
Bangka Pos/Andini Dwi Hasanah
Galeri Investasi di STIE IBEK Pangkalpinang. 

PANGKALPINANG, BABEL NEWS - Sejak tahun 2000, PT Bursa Efek Indonesia (BEI) telah bekerja sama dengan perguruan tinggi dan perusahaan sekuritas untuk menempatkan Galeri Investasi di berbagai kampus perguruan tinggi, sebagai sarana untuk memperkenalkan pasar modal sejak dini kepada dunia akademisi.

Galeri Investasi di dunia kampus ini rupanya sangat disambut baik oleh mahasiswa, seperti di STIE IBEK Pangkalpinang misalnya.
Kini Galeri Investasi, yang berdiri sejak tahun 2015 itu diikuti oleh 602 nasabah yang rata-rata didominasi oleh kaum mahasiswa kampus.

Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia (GI BEI-IBEK) di Kampus STIE-IBEK bersama PT Phillip Sekuritas Indonesia telah melakukan berbagai kegiatan sosial dan edukasi yang dikemas dalam program sekolah pasar modal dan seminar.

PIC Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia (GI BEI-IBEK) STIE-IBEK Dedi Bosar Hasibuan menyebut, kegiatan tersebut telah meningkatkan jumlah nasabah yang terdiri dari generasi milenial dan pendidik diikuti oleh masyarakat umum Bangka Belitung menjadi investor aktif di Bursa Efek Indonesia.

"Dari tahun ke tahun jumlah investor selalu bertambah diikuti dengan bertambahnya nilai transaksi yang dilakukan para investor. Hingga bulan Oktober 2022, galeri ini telah mengaktifkan 602 investor yang terdiri dari civitas akademika dan masyarakat umum, investor tersebut didominasi oleh para milenial dan pendidik," ungkap Dedi.

Sedangkan nilai transaksi yang terbukukan lima tahun terakhir kata Dedi sebesar Rp277 miliar dengan rerata Rp4,61 miliar per bulan.

Dia menegaskan, dengan adanya Galeri Investasi di Kampus STIE IBEK diharapkan dapat menjadi sarana untuk memperkenalkan pasar modal sejak dini kepada akademisi.

"Dan dengan adanya Galeri Investasi STIE IBEK juga diharapkan dapat menjadi manfaat bagi semua pihak sehingga penyebaran informasi mengenai pasar modal tepat sasaran serta dapat memberikan manfaat yang optimal bagi mahasiswa maupun masyarakat umum di daerah kampus, termasuk untuk kepentingan sosialisasi dan edukasi pasar modal," jelasnya.

Sementara, untuk bergabung dengan Galeri Investasi STIE IBEK cukup mudah, awal-awal mendapatkan bimbingan dan arahan, mempunyai KTP, buku tabungan dan mengisi form pendaftaran.

"Untuk berinvestasi dengan aman, tentunya dengan menanamkan mindset yang benar, memilih platform investasi yang tepat (sekuritas yang terdaftar dan diawasi oleh OJK), melakukan diversifikasi (tujuannya untuk memaksimalkan keuntungan dan meminimalisir kerugian), menentukan target capaian return dan batasan kerugian dan mulailah berinvestasi dengan modal kecil terlebih dahulu," tambahnya. (t2)

 

Sumber: Bangka Pos
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved